Laju Urbanisasi Masih Tinggi

Pemudik jalur mudik musim mudik arus balik
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ahmad Erani mengatakan, fenomena mobilitas lintas antarpenduduk masih terjadi hingga saat ini.

Ayobis.com, Cara Mudah Pesan Tiket Bus

Dia mencontohkan, salah satunya adalah mayoritas penduduk Jawa yang melakukan urbanisasi ke beberapa pulau di luar Jawa. Alasannya, dengan melihat insentif ekonomi yang lebih baik di pulau tersebut.

"Fenomena ini sudah tidak mengenal suku lagi. Jadi ini bukanlah hal baru," kata Erani kepada VIVA.co.id, Senin, 20 Juli 2015.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

Beberapa pulau yang dituju masyarakat yang melakukan urbanisasi di antaranya adalah Indonesia bagian Timur seperti Kalimantan dan Papua. Tiap orang telah memperhitungkan sebelumnya bahwa daerah tersebut mampu meningkatkan taraf ekonomi yang dipatok oleh para masyarakat urbanian tersebut.

"Mereka masing-masing mengalami proses mobilitas tadi. Karena, merasa bahwa daerah yg dituju bisa membawa kesejahteraan ekonomi yang lebih besar."

Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen

(mus)

Kapal Roro Baru Milik ASDP

Puncak Arus Pemudik Kapal Diprediksi Malam Ini

Jumlah penumpang diperkirakan masih akan terus bertambah

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2015