Buntut Perusakan KPUD Mangbar, Satu Pasangan Tak Ikut Tes

Persiapan Pilkada Serentak 2015
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
VIVA.co.id
Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma
- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur telah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi lima pasangan calon kepala daerah yang siap bertarung dalam pilkada serentak 9 Desember 2015.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

"Pihak RSUD Ruteng Manggarai menuntaskan
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
medical check up untuk paslon sepanjang hari Rabu kemarin," kata ketua KPUD Mabar Aventinus Jesman kepada
VIVA.co.id
, Kamis 30 Juli 2015.


Namun, KPUD tidak memberi surat pengantar pemeriksaan untuk pasangan Fidelis Pranda-Bani Padju padahal paslon yang diusung Hanura, PKB dan PKPI itu sudah resmi mendaftar di hari terakhir masa pendaftaran.


"Dokumen pendaftaran pasangan itu berstatus diterima untuk diteliti karena bermasalah sehingga tidak bisa diundang untuk datang periksa kesehatan," kata Aven Jesman.


Perusakan kantor KPUD


Sebelumnya pendukung pasangan Fidelis Pranda-Banny Paju melakukan perusakan Kantor KPUD Manggarai Barat.


Massa merusak kantor KPUD karena KPUD menolak pendaftaran pasangan yang mereka dukung. KPUD terpaksa menolak pendaftaran pasangan itu karena  dua dari tiga partai pengusung pasangan Fidelis - Banny sudah mendaftar kandidat lain sebagai pasangan yang mereka dukung di pilkada serentak.


"PKPU No 12 Tahun 2015 melarang parpol memberikan dukungan ganda kepada pasangan calon kepala daerah," demikian penjelasan Ketua KPUD Mabar Aventinus Jesman.


Pasangan Pranda - Padju kata Aven, bermasalah dikarenakan syarat pendaftarannya tidak dilengkapi (tidak ada) seperti formulir B dan B1, dan sesuai PKPU no 12 tahun 2015,  dalam pendaftaran pasangan calon tidak diperbolehkan (tidak bisa) 1 Parpol mengusungkan 2 calon Paket seperti yang terjadi di PKB dan PKPI.


"PKB sebelumnya sudah mendaftar untuk pasangan Tobi Wanus-Frans Sukmaniara. Begitu juga dengan PKPI mendaftar pasangan Gusti Dullah- Mia Geong," kata Aven.


Persoalan yang membelit pasangan Pranda-Padju kata Aven sudah diserahkan ke KPU pusat. "Nanti ada penegasan dari pusat. Segera kita umumkan," ujar Aven.


Jo Mariono- Manggarai Barat NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya