Kembali Jadi Ketum PBNU, Ini Tiga Prioritas Said Aqil Siradj

Muktamar NU ke-33
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru
VIVA.co.id
Pesantren Cipasung: Muktamar NU Melenceng dari Khitah
- Kiai Haji 
Said Aqil Siradj
NU Akan Terus Menjaga Ahlusunnah Waljamaah
 kembali terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk masa jabatan 2015-2020. Said terpilih setelah dilakukan  sidang pleno pemilihan Ketua Tanfidziyah di Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang, Kamis, 6 Agustus 2015, dini hari.
Cucu Ulama Besar Membelot dari Kepemimpinan NU

Dalam prosesnya, sebenarnya ada dua kandidat yang berhak maju ke putaran kedua, yaitu KH 
Said Aqil Siradj 
 dengan 287 suara dan KH As'ad Said Ali sebanyak 107 suara.


Sesuai ketentuan dan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) NU, kandidat yang meraih suara di atas 99, berhak maju ke putaran berikutnya. Namun KH As'ad Said Ali menyatakan mundur.


"Saya kalah
pinter
, kalah pengalaman dari KH Said, terima kasih. Sekali lagi kehadiran saya disini tetap sebagai warga NU tetap membantu beliau, membesarkan Nahdlatul Ulama," kata KH As'ad.‎


Secara otomatis pimpinan sidang menetapkan KH Said Aqil sebagai Ketua Umum Tanfidziyah PBNU tahun khitmad 2015-2020.


Sementara untuk Rais Aam Syuriah PBNU terpilih yakni KH Mustafa Bisri (Gus Mus) menyatakan tidak bersedia menjabat Rais Aam. Gus Mus juga mengirimkan surat atas ketidaksediaannya menjadi Rais Aam NU.


"Seharusnya dua yang maju, sehubungan dengan KH As'ad mundur dan KH Mustafa Bisri kembali menyampaikan penolakannya, maka bersama ini kami menetapkan KH Ma'ruf Amin sebagai Rais Aam, dan KH Said Aqil sebagai Ketua Umum Tanfidziyah PBNU," kata pimpinan sidang KH Ahmad Muzakki.


Janji Ketua PBNU terpilih


Pada kesempatan itu, Said Aqil menyampaikan janji dan komitmennya untuk membawa NU menjadi lebih baik lagi ke depan. Setidaknya ada tiga program yang ‎menjadi prioritasnya.


"Pertama, pendidikan, saya ingin di setiap wilayah ada perguruan tinggi NU yakni kita adakan yang belum ada," ujar Said.


Kedua, Said akan memfokuskan NU di bidang kesehatan. Dia ingin setiap daerah yang menjadi basis NU memiliki rumah sakit sendiri. Rencana awal ini bisa dimulai dengan membangun klinik-klinik lebih dulu.


"Ketiga, pengembangan program ekonomi kerakyatan. Bentuknya, koperasi kerakyatan. Dengan menggandeng semua pihak, di setiap daerah," ucap Said.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya