Jokowi Segera Lantik Rano Karno Sebagai Gubernur Banten

Wakil Gubernur Banten Rano Karnobergurau dengan Ketua DPRD Aeng Haerudin
Sumber :
  • Antara/ Asep Fathulrahman

VIVA.co.id - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno, akan dilantik menjadi gubernur Banten definitif menggantikan Ratu Atut Chosiyah yang diberhentikan tetap, setelah terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Banten Juara Umum Lomba MTQ Nasional

"Kemungkinan akan dilantik Rabu besok," ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri), di Sasana Bhakti Praja Kemendagri Gedung C, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat, Senin, 10 Agustus 2015.

Tjahjo menerangkan, ia sudah melaporkan perihal pelantikan tersebut kepada Presiden agar mantan pesinetron si Doel Anak Sekolahan itu bisa dilantik di Istana Negara.

Disebut Terima Rp11 M dari Suami Airin, Rano Karno: Enggak

"Tinggal menunggu kabar dari Pak Presiden, agar dapat dilantik di Istana," kata Tjahjo.

Akan tetapi, jika Jokowi berhalangan, maka pelantikan akan dialihkan ke DPRD Provinsi Banten. Pengambilan sumpah jabatan akan dilakukan oleh mendagri.

Rano Karno: Isu Lama, Saya Terima Miliaran Rupiah dari Wawan

"Mudah-mudahan bisa dilantik di Istana seperti gubernur-gubernur lain," katanya.

Tjahjo juga menilai, mekanisme pelantikan Rano sebagai orang nomor satu di Banten juga telah memenuhi peraturan perundang-undangan. DPRD Provinsi Banten juga telah mengusulkan pengangkatan Rano berdasarkan Rapat Paripurna Istimewa, usai Atut diberhentikan tetap dari jabatannya.

"Surat dari DPRD Banten sudah diterima, memutuskan meminta Pak Karno menjadi gubernur definitif," ujar Tjahjo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya