Amankan Pilkada, Polri Siagakan 135 Ribu Personel

Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Soal Pencalonan Sandiaga Uno, PPP Masih Pikir-pikir
- Kepolisian Indonesia bakal menyiagakan 135 ribu lebih personel untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang.

712 Polisi Dikerahkan Jaga Sidang Sengketa Pilkada di MK

"Total kekuatan yang nanti kami gelar ada 135.672 personel seluruh Indonesia," ujar Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Unggung Cahyono, usai gelar simulasi pengamanan pilkada di Lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, Kamis 13 Agustus 2015.
Mendagri: Anarki Pilkada Kalimantan Utara Cederai Demokrasi


Dalam simulasi yang dilakukan hari ini, berbagai tahapan pengamanan diperagakan, mulai dari pengamanan sebelum hingga setelah hari pencoblosan pada pilkada serentak. Ratusan personel dilibatkan dalam gelar simulasi pengamanan pilkada.


"Hari ini, simulasi diikuti oleh 576 anggota, yang mana kapolda seluruh Indonesia ada 32, karoops 32, kasat Brimob 36, sedangkan kapolres yang pangkatnya kombes ada 30, dan yang pangkatnya AKBP ada 422, jadi totalnya ada 576 anggota," ucap Unggung.


Selain persiapan pengamanan pilkada serentak, simulasi juga dilakukan untuk mengingatkan kembali fungsi dan tugas kapolres. Seluruh jajaran kepolisian di Indonesia bahkan siap mengamankan pilkada serentak 2015.


"Dalam pilkada ini ada 31 polda, hanya satu yang tidak melaksanakan, yaitu dari Aceh, dan semuanya sudah siap. Bapak Kapolri sudah menyampaikan untuk masing-masing kapolda, masing-masing karoops dan kasat Brimob sampai dengan kapolres sudah siap melaksanakan pengamanan pilkada serentak 2015," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya