Polisi: Tiga Teroris Solo Siap Ledakkan Bom saat 17 Agustus

Polisi: Tiga Teroris Solo Siap Ledakkan Bom saat 17 Agustus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq
VIVA.co.id - ‎Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap tiga orang terduga teroris di wilayah Solo dan sekitarnya. Mereka adalah Ibad alias Ibadduddin, Yuskarman dan Giyanto.
Enam Terduga Teroris di Batam Ternyata Otak Bom Solo

Menurut Kepala Polda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Noer Ali, mereka merencanakan meledakkan bom di beberapa tempat ibadah umat Nasrani dan Konghucu dan Markas Polsek Pasar Kliwon di Kota Surakarta. Mereka memilih waktu pada 17 Agustus 2015 atau tepat pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia untuk meledakkan bom itu.
Merasa Tersudut, ISIS Deklarasikan Perang Melawan Rusia

"Jadi teror bom yang rencananya akan dilakukan 17 Agustus itu dilakukan dengan meletakkannya di lokasi target dan ditinggal," kata Noer Ali kepada wartawan di Markas Polresta Solo pada Jumat, 14 Agustus 2015.
Muhammadiyah: Draf RUU Terorisme Tak Lindungi HAM Tersangka

Dia membeberkan satu per satu peran spesifik masing-masing terduga teroris itu. Ibad adalah penerima kiriman uang untuk melakukan aksi itu dari seorang bernisial BN di Suriah. Sedangkan Yuskarman memiliki keahlian sebagai spesialis perakit bom. Dia bekerja sama dengan Ibad dalam perakitan bom yang direncanakan diledakkan bersama-sama.

Sementara itu, Giyanto merupakan orang yang menyiapkan sarana dan prasarana untuk penyediaan bahan peledak. Giyanto juga berperan sebagai orang yang bertugas mensurvei lokasi Markas Polsek Pasar Kliwon yang menjadi sasaran target teror bom.

Kelompok jaringan teroris itu, kata Noer Ali, tidak lepas dari jaringan di Suriah. Bahkan, target-target jaringan ini sudah ditetapkan. "Alhamdulillah, berkat kerja sama Kepolisian dan masyarakat, kita bisa mematahkan teror bom yang mengancam kestabilan keamanan," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya