Batu Akik Hitam Kini Diburu, Dipercaya Bisa Tangkal Sihir

Batu akik bergambar dua kepala harimau.
Sumber :
  • FOTO: VIVA.co.id/MZ Abidin
VIVA.co.id
Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar
- Demam batu akik masih menghangat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, warga tak lagi berburu batu akik asal Indonesia.

Kopi Terakhir Pedagang Akik sebelum Lapaknya Digusur

Kali ini, warga Makassar tengah menggandrungi batu akik berjenis Yaman asal Persia. Batu ini menjadi incaran para kolektor batu akik bukan lagi karena warna hitam kemerahannya yang menjadi ciri khas batu itu.
Tren Batu Akik Turun Drastis, Ada Apa?


Tapi, warga menyukai batu itu, karena dipercaya dapat menangkal sihir dan perbuatan jahat yang datang menyerang.


Namun, akik Yaman yang dicari bukan yang biasa diperjualbelikan di pasaran. Akik Yaman yang menurut warga bertuah itu, hanyalah batu akik Yaman yang di dalamnya terdapat kaligrafi bertuliskan doa-doa khusus.


Tak hanya pria, batu akik ini juga diburu para kolektor wanita. Intan Nur salah satunya. Dia bahkan rela menghabiskan waktu berjam-jam di arena pameran batu akik demi memburu akik Yaman bertuah.


"Belum banyak yang menjual batu bertuliskan doa-doa di Makassar jadi agak sulit mendapatkannya," kata Intan, Minggu 6 September 2015.


Harga satuan batu akik Yaman tidak murah, penjual batu akik di Makassar biasanya membanderolnya dengan harga Rp500 ribu untuk batu berukuran kecil.


"Kalau yang besar harganya bisa mencapai Rp5 juta," ujar Endi, penjual batu akik.


Endi mengaku, tidak mengetahui pasti apakah benar, batu akik Yaman bertulisan kaligrafi itu memiliki khasiat seperti yang ramai diperbincangkan pecinta batu akik di Kota Makassar.


Muhammad Noer - Makassar


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya