Gajah Dibantai Dekat Pos Taman Nasional, 7 Saksi Diperiksa

Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatresnsis)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA.co.id - Seekor gajah Sumatera dibunuh pemburu gading di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan (TNBBS), Jumat 18 September 2015. Ironisnya, gajah bernama Yongki itu, yang menjadi maskot Posko Pemantauan TNBBS,  dibantai tak jauh dari kamp petugas.

Yongki pun tewas dengan mengenaskan. Dua gading raksasa miliknya yang kerap menjadi andalan saaat menakuti gajah liar yang merusak kebun warga pun raib.

Hingga kini, sepekan usai kematiannya. Masih belum terungkap siapa yang menjadi pelaku. "Kami masih terus melakukan pemeriksaan saksi-saksi di lapangan. Baik itu dari petugas maupun dari pawang yang ada di lokasi. Ada tujuh orang yang diperiksa," kata Kapolres Lampung Barat Dono Sembodo, Jumat 25 September 2015.

Pemerintah Aceh Timur Dipusingkan Teror Gajah

[Baca Juga: ]

Gajah Yongki diketahui berusia 35 tahun. Diantara kawanan gajah, Yongki paling ditakuti dan paling diandalkan untuk menghalau gajah liar yang masuk ke pemukiman warga.

Namun naas, Yongki malah dibantai justru tidak jauh dari kantor TNBBS. Hanya berjarak 400 meter, Yongki dibunuh di tempat ia biasa beristirahat usai bertugas.

"Yongki ditemukan mati di bawah pohon tempat ia biasa istirahat usai patroli. Saat kejadian kami betul-betul tidak mendengarkan suara apapun," ujar salah seorang petugas TNBBS, Susmanto. (ren)

Herliyanto/Lampung

Anak Gajah Di Kebun Binatang Ceko

Anak Gajah Sumatera Ditemukan Mati

Diduga mengalami gangguan usus akibat terlalu banyak makan rumput.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2015