Presiden Jokowi Panen Raya Padi di Karawang

Jokowi
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia
- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Institut Pertanian Bogor dijadwalkan akan melakukan panen raya di Desa Cikarang, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu, 27 September 2015.

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Banun Harpini menuturkan, kegiatan panen raya dan pembagian bantuan mesin alat pertanian kepada Petani di Karawang dijadwalkan akan dimulai sekira pukul 10.00 WIB.
Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri


"Presiden dan Menteri Pertanian akan panen raya di sini. Acara mulai jam 10 pagi," kata Penanggung Jawab UPSUS Jawa Barat, Banun Harpini, saat ditemui di Desa Cikarang, Karawang, Jawa Barat hari ini.


Luas lahan persawahan yang akan di panen di Desa Cikarang hari ini sekitar 110 hektar (ha). Sebanyak 65 ha sawah diantaranya menggunakan benih unggul IPB 3S. Menurut dia, produktivitas benih unggul IPB 3S bisa menghasilkan 9,4 ton gabah kering giling (GKG) untuk setiap hektare lahan sawahnya.


"Ini jauh di atas rata-rata produktivitas di Jabar yang 6,12 ton GKG/ha," ujarnya.


Banun menuturkan, nantinya penggunaan benih IPB 3S akan diperluas di wilayah Jawa Barat. Kementerian Pertanian telah meminta Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menambah penyediaan benih IPB 3S ini. Pasalnya, Selain produktivitasnya tinggi, benih unggul ini juga tahan di musim kemarau, cocok untuk kondisi el nino saat ini.


"(IPB 3S) Ini akan diperluas untuk tanam berikutnya. Kita minta IPB percepat penyediaan benihnya. Prioritas untuk Jawa Barat," papar dia.


Selain melakukan kegiatan panen raya di Karawang, Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian juga dijadwalkan akan membagikan benih padi, alat mesin pertanian seperti mesin panen, mesin tanam, pompa air dan traktor kepada petani di Karawang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya