Pembunuh Gajah di Video Klip Tulus Lebih dari 1 Orang

Habitat gajah sumatera di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA.co.id - Polisi masih melakukan penelusuran dan pemeriksaan saksi-saksi lanjutan, di antaranya para pawang gajah dan para penjaga Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Ini dilakukan terkait tewasnya Gajah Yongki yang ada dalam video klip penyanyi Tulus.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung Komisaris Besar Dicky Patrianegara, mengatakan, dari hasil penelusuran lokasi, diduga pelaku yang membunuh dan mencuri gading gajah tersebut orang yang telah mengenal lokasi.

"Saya tidak mengatakan tersangkanya orang dalam, tapi menuju lokasi itu tidak mudah. Tidak mungkin dilakukan orang yang tidak mengenal lokasi," ujar Dicky di ruang kerjanya, di Polda Lampung, Jumat, 2 Oktober 2015.

Menurut Dicky, untuk mencapai tempat Yongki cukup sulit. Berjarak dua ratus meter dari penjagaan. Itu pun harus turun bukit kemudian melewati sungai yang lebarnya sekitar 5 meter.

"Belum lagi Yongki dalam masa subur, jadi tidak sembarang orang bisa mendekati," kata dia.

Terkait kematian Yongki apakah diracun atau dibius masih menunggu hasil laboratorium. Sampai saat ini, polisi telah memeriksa 12 saksi. Jumlah itu akan terus bertambah.

"Saksi yang diperiksa di antaranya orang-orang sekitar lokasi, serta pawang gajah yang berada di sana. Dari keterangan sementara, malam itu ada yang tidur di lokasi. Sedangkan dari staf TNBBS sekitar 7 orang. Lima masyarakat yang diperiksa mungkin mereka mengetahui kejadian itu," ujarnya.

Sedangkan pemeriksaan mantan pawang gajah berinisial S, masih dalam proses karena, kata Dicky, dalam pemeriksaan harus ada kaitan dengan temuan di lapangan.

"Yang jelas pelaku lebih dari satu orang. Untuk ke luar Lampung belum diprediksi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung, Subakir, mengatakan, telah memperketat penjagaan di tempat yang disinyalir menjadi jalan keluar gading gajah Yongki yang dicuri. Penjagaan itu dimaksudkan agar gading tersebut tidak keluar dari Lampung.

Lagi, Gajah di Aceh Ditemukan jadi Bangkai

“Ya walaupun tidak ada kejadian seperti ini, petugas ada yang jaga, seperti di Bakauheni," katanya.


Bayu Sulistyono

Gajah Dibantai Dekat Pos Taman Nasional, 7 Saksi Diperiksa
Gajah mati di perkebunan sawit Aceh Timur

Gajah Betina Mati Tersengat Listrik di Kebun Sawit Aceh

Diduga gajah itu mati karena tersengat aliran listrik.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2015