Wagub Jatim: Mungkin Saja Madura Jadi Provinsi Sendiri

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji
VIVA.co.id - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, merenspons datar tentang aspirasi warga Madura yang menuntut pemekaran daerah dan menjadi provinsi terpisah.
Calon Haji asal Madura Bawa Beras Jagung ke Arab Saudi

Ia mengatakan, secara prinsip, aspirasi itu dijamin konstitusi dan terbuka kemungkinan bagi Madura menjadi provinsi sendiri.
Reaksi Kocak Kapolda Jatim Namanya Masuk Survei Pilkada

"Soal apakah mungkin (Madura menjadi provinsi), mungkin saja," ujarnya di Surabaya, Rabu, 4 November 2015.
Golkar: Pilkada Jatim Pertarungan Khofifah dan Saifullah

Tapi, pria yang akrab disapa Gus Ipul ini mengingatkan, ada peraturan dan prosedur yang wajib ditaati bagi sebuah daerah yang hendak dimekarkan. Begitu juga Madura. Peraturan itu, di antaranya, mencakup demografi, letak geografis, kultur, kondisi sosial-politik, harus memiliki sedikitnya lima kabupaten/kota, dan lain-lain.

Jika semua syarat itu terpenuhi, termasuk memiliki sedikitnya lima kabupaten/kota, Pemerintah Pusat tentu tak dapat menghalang-halangi atau mencegah Madura menjadi provinsi. Namun, pulau Madura sekarang hanya memiliki empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Ia mengklaim, Pemprov Jatim tak akan menghalangi aspirasi warga yang menginginkan Madura menjadi provinsi sendiri. Lagi pula, pemekaran itu memang dimaksudkan demi percepatan pembangunan di Madura.

"Keinginan ini harus kita ambil manfaatnya agar Madura lebih cepat maju dan berkembang," ujar mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya