Cuaca Buruk Bakal 'Hantui' Aceh, Warga Diminta Waspada

Kabut asap pekat melanda kawasan Aceh
Sumber :
  • Zulfikar Husein

VIVA.co.id - Masyarakat Aceh diminta mewaspadai cuaca buruk yang menghantui wilayah Aceh dalam beberapa hari ke depan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Blang Bintang, Aceh, memperkirakan sebagian wilayah Aceh akan dilanda angin kencang dan hujan deras.
 
“Secara umum beberapa wilayah Aceh diperkirakan akan mengalami angin kencang yang disertai hujan deras diharapkan masyarakat untuk lebih berhati-hati,” ujar Kepala Seksi Informasi dan Data BMKG Blang Bintang, Zakaria, Minggu 8 November 2015.

Eks Petinggi GAM Kibarkan Bendera Bulan Bintang di Saudi

Zakaria mengatakan, angin kencang disertai hujan deras yang akan melanda Aceh beberapa hari ke depan disebabkan oleh gangguan udara di Teluk Benggala dan di Samudera India. Udara disekitar wilayah tersebut mengalami tekanan rendah.
 
“Di sebelah utara Pulau Simeulue sehingga terjadinya pusaran angin di Pulau Simelue dan akan tumbuhnya awan-awan Kumulonimbus yang bisa berpotensi terjadinya angin kencang dan hujan,” katanya.
 
Beberapa daerah di Aceh yang berpotensi diguyur hujan lebat adalah Aceh Barat, Aceh Selatan, Langsa, Aceh Timur, Banda Aceh, Sabang dan Aceh Tengah. Sementara beberapa daerah lain seperti Bireun, Pidie, Lhokseumawe dan Aceh Utara diprediksi terjadi hujan ringan.
 
“Angin kencang tersebut diperkirakan mencapai 60 kilometer per jam dan bahkan bisa lebih, meskipun terjadi durasi angin kencang tidak lama, maka tetap harus diwaspadai karena bisa merusak bangunan dan pohon tumbang serta bisa menyebabkan gelombang laut tinggi,” kata Zakaria. (ren)

Nyamuk gigit kulit manusia.

Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging

Perubahan iklim memicu perkembangan nyamuk jadi lebih banyak dan kuat

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016