Kalau Mau, MKD Bisa Libatkan KPK Ungkap Skandal Freeport

Menteri ESDM lapor ke MKD
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas mengharapkan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) bisa bekerja dengan adil dalam memproses pemeriksaan Ketua DPR Setya Novanto terkait skandal perpanjangan kontrak karya Freeport.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

"Untuk tahapan-tahapan tertentu, sebaiknya (sidang etik MKD) dilaksanakan terbuka. MKD bisa menentukan di mana urgensi (sidang etik terbuka)," ujar Busyro usai pertemuan antara PP Muhammadiyah dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Presiden, Jakarta, Selasa, 24 November 2015.

Busyro mengatakan ada baiknya juga MKD mempertimbangkan adanya unsur lain yang bukan dari anggota DPR di dalam unsur MKD. Contohnya, seperti KPK, yang komisi etiknya terdiri dari tiga orang yang berasal dari unsur KPK dan dua orang dari unsur di luar KPK.

Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?

"Kalau MKD bisa seperti itu, MKD akan mendongkrak reputasinya," ujar Busyro.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said melaporkan ada pimpinan DPR yang mencatut nama presiden dan wapres terkait perpanjangan kontrak Indonesia dengan Freeport pada Mahkamah Kehormatan Dewan.

'Belum Ada Kesepatakan Harga Saham Freeport'

Belakangan diketahui, Ketua DPR Setya Novanto sempat bertemu tiga kali dengan pimpinan Freeport. Tapi Novanto membantah mencatut nama Presiden dan Wapres dalam pertemuan tersebut. (ase)

Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016