Lima Hektare Lahan Gambut Terbakar Gara-gara Rokok

Ilustrasi/Upaya Pemadaman Kebakaran Lahan di Sumatera Selatan pada tahun 2015 lalu
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Lahan gambut seluas lima hektare di kawasan lingkar luar Balikpapan, Kalimantan Timur, ludes terbakar, Sabtu 26 Desember 2015. Akibatnya, kepulan asap pekat kembali mengganggu pemandangan dan pernafasan.

BNPB Deteksi Peningkatan 151 Hotspot Kebakaran Hutan

"Ini sepertinya ada yang membuang puntung rokok sembarangan, sehingga membuat sumber api di bawah gambut," ujar warga setempat, Taufik.
Kebakaran Hutan Mulai Landa Riau dan Sumatera Utara


Angin kencang serta gambut yang kering pun akhirnya menjadi satu dengan api. Dengan cepat api menyebar dan melalap seluruh yang ada di depannya.


Sejumlah warga yang bermukim dekat dengan lahan gambut pun ikut dibuat panik. "Sudah diupayakan pemadaman manual oleh warga, tapi tetap tidak membantu," kata Taufik.


Sejauh ini, dari pantauan sudah ada satu unit mobil pemadam bahaya kebakaran. Namun sepertinya tidak bisa berbuat banyak, sebab kepulan asap pekat dan cepatnya api yang menjalar membuat kewalahan.


Hingga kini, api masih menjalar dan membakar habis serasah di dalam gambut kering. Warga khawatir, kebakaran ini kembali memicu bencana kabut asap di daerah itu.


Iqbal Abdullah / Kalimantan Timur


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya