Arus Balik Wisatawan Pengguna Kereta 3 Januari 2016

Gerbong Keluar Asap Penumpang Kereta Gaya Baru Malam Tertunda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Pada libur panjang akhir tahun 2015, hari ini masyarakat pengguna kereta kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Senen mencapai 6.768 orang.

"Update sampai pukul 10.30 WIB, sudah sebanyak 6.768 orang yang diberangkatkan dari sini (Stasiun Senen)," ujar Kepala Stasiun Senen, Zainul, saat ditemui di Kantornya, Sabtu 26 Desember 2015.

Dirinya menjelaskan, ada sebanyak 26 kereta reguler, satu kereta fakultatif, dan tiga kereta tambahan yang akan diberangkatkan hari ini dari Stasiun Senen.

Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru

"Kalau menjelang Natal dan Tahun baru, kita telah siapkan Posko Humas yang ada sejak tanggal 20 Desember 2015 sampai tanggal 5 Januari 2016. Sampai saat ini, total sudah 120 ribu orang yang diberangkatkan," jelasnya.

Zainal menambahkan, pada masa libur Natal dan tahun baru 2016 ini, tidak ada puncak keberangkatan penumpang ke luar daerah di tempatnya. Katanya, hampir semua penumpang yang menggunakan kereta di tempatnya berpergian ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Puncak keberangkatan tidak ada. Hanya ada selisih seribu, kalau kapasitas sama," tambahnya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, demi menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang di Stasiun Pasar Senen, penambahan personel untuk melakukan dilakukan. Mereka adalah petugas gabungan dari Polri, TNI dan satgas khusus kereta.

"Kalau arus balik tanggal 3 Januari 2016 akan terjadi. Saya mohon, pada penumpang yang akan berpergian, tidak bawa barang berlebihan dan mohon dalam pengawasan," kata dia. (ren)

Ilustrasi urbanisasi

Libur Natal & Tahun Baru, Penumpang KAI Naik 2,77 Persen

Jumlah penumpang jarak jauh menjadi 1,97 juta orang.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2016