Arus Balik, Tol Cikampek Mulai Padat

Antrean kendaraan di gerbang tol Cikarang Utama.
Sumber :
  • @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id - Puncak arus balik pada liburan Natal mulai terlihat di Tol Cikampek arah Jakarta pada Minggu sore ini, 27 Desember 2015.

Berdasarkan informasi yang disampikan @TMCPoldaMetro, mulai terjadi antrean kendaraan menjelang gerbang tol Cikarang Utama arah Jakarta sejak pukul 14.00 WIB. Menurut petugas Call Center Jasamarga, Ricko, antrean kendaraan mencapai 500 meter.

"Ini hanya keramaian saja. Hanya 500 meter menumpuk menjelang gerbang tol," kata Ricko.

Menurut Ricko, selepas gerbang Cikarang Utama, arus lalu lintas relatif berjalan normal dan lancar hingga kawasan Bekasi dan Cawang.

Didominasi Kendaraan Pribadi, Tol Jakarta-Cikampek Padat

Dari informasi masyarakat, situasi lalu lintas terlihat padat di KM 60 Tol Cikampek) arah Jakarta. Menjelang masuk kawasan Cikampek, arus lalu lintas juga terpantau padat di ruas pertemuan Purbalenyi-Cikampek.

Guna mengantisipasi kemacetan di ruas tol, pihak kepolisian melakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas, seperti berikut ini:

1. Buka-Tutup Arus di Pintu Masuk Tol

Pihak kepolisian akan melakukan buka-tutup arus kendaraan di pintu masuk Tol Jagorawi dan Cikampek. Kendaraan yang akan masuk ke tol menuju Jakarta di gerbang Cikarang Utara (dari arah Cikampek) dan Cimanggis (dari arah Bogor) akan ditutup bila kepadatan di dalam ruas tol tidak terurai. Kendaraan akan dialihkan ke off ramp tol menuju ke jalur alteri.

2. Pengalihan Arus di Pintu Keluar Tol

Selama penutupan pintu masuk tol ke arah Jakarta, kendaraan akan dialihkan ke pintu keluar tol. Untuk kendaraan dari arah Cikarang Utara dikeluarkan ke Karawang Barat-Kedung Waringin-Kabupaten Bekasi-Tambun-Kota Bekasi-Cawang dan seterusnya.

Sementara itu, kendaraan dari arah Tol Jagorawi akan dikeluarkan di Pintu Tol Cimanggis Utama, dibelokkan ke jalan alteri Jalan Raya Bogor-Pasar Rebo dan seterusnya.

3. Pengaturan Lalin di TL dekat Pintu Keluar Tol

Menghindari 'Jebakan' Macet Libur Panjang

Pengaturan lalu lintas di traffic light yang dekat dengan pintu keluar tol akan diprioritaskan untuk kendaraan yang keluar dari tol. Sementara kendaraan di jalur arteri akan disetop selama 2 kali lampu hijau. (ase)

Contra flow di tol Cikampek

Besok, Polisi Berlakukan Lawan Arus di Tol Cikampek

Korlantas melakukan pengamanan arus lalu lintas

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2016