JK Minta Pembangunan Bandara Kulonprogo Dimulai Tahun Ini

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • Diah Pitaloka/Viva.co.id

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meninjau lahan yang akan digunakan untuk pembangunan bandara baru di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Yogyakarta. JK meminta agar pembangunan bandara bisa disegerakan.

"Mudah-mudahan Mei nanti sudah selesai pembebasan lahan dan desain, sehingga bandara sudah bisa dibangun tahun ini, dimulai pada bulan Mei. Targetnya tahun 2019 atau 2020 pembangunan bandara sudah selesai," kata Jusuf Kalla di Yogyakarta, Sabtu 2 Januari 2016.

Peninjauan lahan bandara dilakukan JK usai menggelar pertemuan tertutup selama 1,5 jam di Radar Congot. Disampaikannya, tidak ada persoalan serius terkait rencana pembangunan bandara di Kulonprogo.

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengkubuwono X juga telah memberikan lampu hijau. Sementara itu, PT Angkasa Pura I akan berperan sebagai pengelola bandara itu.

"Nantinya juga akan dibangun infrastruktur lain seperti jalan yang lebar dan jalur kereta api. Tenaga kerja lokal pun harus segera mendapatkan pelatihan karena tenaga kerja yang dibutuhkan lebih dari 3.000 orang," tutur Wapres.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DIY, Rani Sjamsinarsi, mengatakan, pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,7 triliun untuk pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Selain itu, telah dianggarkan dana hingga Rp500 miliar untuk pembebasan lahan JJLS agar pembangunan bisa segera dikerjakan.

"Pembangunannya ditargetkan selesai tahun 2019," kata Rani.

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Pameran diikuti 33 perusahaan otomotif, mulai dari mobil hingga motor.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016