Kebakaran Hebat, Pasokan Listrik Sumut Hingga Aceh Padam

Ilustrasi-pemadaman listrik
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Dua Pekerja Tewas, Proyek Hotel Swiss Bell Dihentikan
- Pasokan listrik ke wilayah Sumatera Utara dan Aceh mengalami pemadaman serentak pada Minggu malam, 17 Januari 2016. Pemadaman disebabkan kebakaran pabrik kayu PT Canang Indah yang berada persis di bawah kabel Saluran Udara tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV).

Identitas Dua Korban Tewas di Kebakaran Swiss-Belhotel

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan keadaan ini," kata Manajer Senior Public Relations, Agung Murdifi melalui siaran pers yang diterima
Kebakaran di Swiss-Belhotel, Api Sulit Dipadamkan
VIVA.co.id , Minggu, 17 Januari 2016.


Kebakaran terjadi pada pukul 18.40 WIB di pabrik kayu PT Canang Indah yang berada diantara Tower 3 dan 4. Kebakaran tersebut menyebabkan putusnya kabel Saluran Udara tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Belawan-Binjai yang menyalurkan daya dari Pembangkitan Belawan ke sistem Sumatera Bagian Utara.


"Kebakaran ini menyebabkan seluruh pembangkit di Belawan tidak dapat beroperasi. Akibatnya sistem kelistrikan yang  memasok  Sumatera Utara dan Aceh mengalami padam kecuali untuk Gardu Induk (GI) Inalum dan GI Sei Rotan," terang Agung.


Proses pemulihan arus listrik diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam jam. Menurut dia, SUTT yang terganggu belum dapat dinormalkan, karena api masih berkobar dan belum bisa dipadamkan.


"Saat ini kami melakukan penormalan bertahap dengan menormalkan Pembangkit Belawan selanjutnya melalui SUTT 150 kV Belawan-Payapasir-Payageli-Binjai lalu membangkitkan PLTU Pangkalan Susu dan Sistem Aceh," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya