Menuntun Eks Gafatar Kembali

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Tudji Martudji

VIVA.co.id – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menegaskan peran penting kepala daerah guna membangun proses rekonsiliasi sosial bagi para eks pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) bisa diterima di tengah masyarakat.

INFOGRAFIK: Telatah Gafatar

"Jadi itu memang tugas pemda untuk bangun proses rekonsiliasi sosial. Itu kenapa yang jemput harus pemda, supaya pemda ikut mengawal mereka kembali ke daerah asal," kata Khofifah di kantor Menkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa 26 Januari 2016.

Khofifah juga yakin bahwa pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan masyarakat, sehingga masyarakat akan menerima eks pengikut Gafatar dengan tangan terbuka.

Suami Istri Perekrut Anggota Gafatar Divonis Bersalah

"Kenapa ada tempat penampungan? Supaya identifikasi dari mana mereka berasal sudah dilakukan proses identifikasi di tempat penampungan," kata Khofifah.

Di Kemensos, kata Khofifah, ada program keserasian sosial, seperti reunifikasi atau penyatuan kembali dan reintegrasi atau pemulihan kembali usai adanya disintegrasi sosial, sehingga menjadi kesatuan dalam proses pemulangan mereka ke daerah asal.

Bareskrim Limpahkan Berkas Tiga Petinggi Gafatar Pekan Ini

"Jadi Kemensos bertugas memastikan selama di penampugan logistik aman, tim konseling aman, selama di KRI  (kapal) aman," katanya.

Petinggi Gerakan Fajar Nusantara yang sedang ditahan karena disangka melakukan penistaan agama dan perbuatan makar.

Makar dan Nista Gafatar

Para petinggi Gafatar akan segera disidang

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2016