Jaga Sumber Daya Laut, Prioritas TNI AL Tahun Ini

Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id - TNI Angkatan Laut pada 2016 ini akan lebih berfokus pada penjagagaan perbatasan dan kekayaan alam nasional. Hal tersebut  disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi saat membuka Apel Komandan Satuan (AKS) tahun 2016, di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta.
 
“Laksanakan gelar operasi secara efektif dan efisien, prioritas ancaman pada wilayah perbatasan dan pengamanan sumber kekayaan alam di laut karena keamanan laut wilayah yurisdiksi Indonesia adalah prioritas utama," kata Kasal Ade Supandi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu 30 Januari 2016.
 
Kasal mengatakan bahwa seorang perwira dituntut mengerti masalah hukum di laut khususnya di wilayah yurisdiksi nasional Indonesia. Oleh karena itu apabila terjadi pelanggaran, maka perwira akan tahu langkah menanganinya.

Kasal juga menekankan pentingnya pemantauan di wilayah perbatasan laut dengan negara-negara tetangga. Untuk itu perlu berkoordinasi dengan AL negara di sekitar Indonesia.

“Seorang perwira harus dibekali dan mengerti mengenai masalah hukum di laut, sehingga bisa cepat untuk mengambil tindakan, jadi tidak boleh buta sama sekali,” katanya.
 
Sementara terkait masih banyaknya pelanggaran displin yang dilakukan oknum AL, Kasal menekankan perlunya pendekatan persuasif oleh atasan kepada anak buahnya. Namun dia mengingatkan perlunya pengendalian personel di jajaran masing-masing. 

"Itu semua bisa kita wujudkan apabila ada perhatian lebih dari Komandan atau bapak buah kepada anak buah, sehingga tercipta hubungan emosional yang baik” kata Ade.

Dalam kesempatan itu Ade juga meminta agar aparatnya menjauhkan diri dari narkotika.

Apel Komandan Satuan TNI Angkatan Laut tahun 2016 merupakan kegiatan tahunan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan untuk menyampaikan Pokok Kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pembekalan kepada seluruh Komandan Satuan Operasional dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut tentang kebijakan pemimpin serta menerima masukan satuan bawah terkait pelaksanaan tugas TNI AL.
 
Adapun tema kegiatan AKS TNI AL hari ini adalah “Meningkatkan Peran Komandan Satuan Guna Membangun Dedikasi, Loyalitas dan Integritas Prajurit dalam rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.
 
Kegiatan ini diikuti oleh 359 peserta yang terdiri dari para Perwira Tinggi struktural TNI Angkatan Laut, para komandan strata jabatan Kolonel sampai dengan strata jabatan Mayor di seluruh Kotama TNI Angkatan Laut, Asops Kotama, para Dankodik, Danpuslat, Danpuspeknubika, Danpusdik Kobangdikal, Danmen Taruna AAL, Dankorsis Seskoal, Kapuskodal, Kasetumal, Koorsmin Kasal, Dandenma Mabesal, Asbin Itjenal,  Paban Srenal dan Paban I Ren Kewasgiatan.
 

Prancis Tertarik Ikut Garap Proyek Poros Maritim RI
Kapal survei KN Baruna Jaya 1 milik BPPT ikut melakukan pencarian AirAsia QZ8501

BPPT Kini Fokus Pada Industri Perkapalan

BPPT bantu mendesain sampai uji kapal untuk dalam negeri.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016