Kapal Pengangkut Bijih Besi Tujuan China Kandas di Batam

Sumber :
  • VIVA.co.id/Berton Siregar

VIVA.co.id – Kapal tanker bermuatan 54,8 juta ton biji besi asal Iran dengan tujuan China kandas di perairan Pulau Sambau Batam, Rabu 3 Februari 2016.

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

Menurut pengakuan nakhoda, Huang Hua, kandasnya kapal tersebut lantaran menghindari tabrakan dengan kapal tunda milik Indonesia, yang hendak berlayar ke Singapura.

"Pengakuan nakhoda, ada kapal tunda yang menggandeng tongkang dari Indonesia tujuan Singapura berlayar di depan mereka. Sementara dari sisi kiri kapal, ada dua kapal bersamaan berlayar dengan mereka, jadi kapal tidak bisa mengubah arah haluan," ujar Kepala Kantor Syahbandar otoritas Pelabuhan Pulau Sambau Batam Rudi Wijanarko, Jumat 5 Februari 2016.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

Saat ini, kapal MV Ocean Carner yang berbendera Hongkong tersebut terlihat tidak bergerak. Ia bagai diapit benda keras, padahal jangkar tidak diturunkan. Sementara badan kapal terlihat tegak, hanya di bagian buritan yang terlihat hampir tenggelam akibat muatannya yang berat.

Sebab itu, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi tabrakan dengan lalu lalang kapal lain, dua kapal patroli milik otoritas Pelabuhan Pulau Sambau serta dua kapal perang TNI telah disiagkan bergantian di sekitar perairan kapal naas tersebut.

Kapal Ikan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Nelayan Meninggal 11 Hilang

"Ini jalur padat karena dilintasi oleh kapal kapal dari selat malaka, dan untuk itu kita memberi peringatan kepada kapal kapal yang lewat tidak mendekat, agar terhindar," tambah Danlanal Batam, kolonel (P) Ribut Eko Suyatno. (ren)

Pemindahan sapi ke Kapal Ternak.

Sapi Digantung untuk Dipindahkan, Kemenhub Pastikan Bukan Kapal Ternak

Viral sebuah video yang menunjukkan pemindahan sapi di pelabuhan dari kapal dengan cara digantung hidup-hidup.

img_title
VIVA.co.id
17 Juni 2022