Gerhana Matahari Total

Seribu Polisi Amankan 'Nobar' Gerhana Matahari Total di Palu

Ilustrasi polisi mengamankan kegiatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Sebanyak 1.343 aparat kepolisian dari Polda Sulawesi Tengah dikerahkan untuk mengamankan ‘nonton bareng’ Gerhana Matahari Total (GMT) di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Mereka menggelar apel siaga di halaman kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin, 7 Maret 2016.

Gerhana Matahari Total Muncul Lagi Tahun Depan

Aparat keamanan itu dibagi dalam empat satuan tugas, yaitu Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Penegakan Hukum, dan Satgas Kontijensi. Satgas Preemtif bertugas mencegak sejak dini yang dipimpin oleh Kasat Intel Polres Palu.

Lalu, Satgas Preventif bertugas melakukan pengaturan dan pengawalan yang dipimpin Kasat Lantas, Satgas Penegakan Hukum dipimpin oleh Kasat Narkoba, dan Pasukan Pemukul bertugas melakukan tindakan kontijensi.

Gerhana Matahari, Malaysia 'Rayakan' dengan Telur Berdiri

"Kami akan mengamankan sejumlah tempat yang dijadikan sebagai lokasi pengamatan Gerhana Matahari Total," kata Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda di lokasi apel.

Selain lokasi, aparat akan mengamankan ribuan wisatawan asing termasuk ilmuwan yang berada di Palu. Tak lupa juga memastikan keamanan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga ingin melihat GMT secara langsung, serta meresmikan monumen GMT di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Walau Kecewa, Menristek Takjub dengan Gerhana Matahari Total

Abdy Mari/Palu

(ren)

Kacamata khusus Gerhana Matahari.

Nobar Gerhana Matahari Cincin, Planetarium Bagi-bagi Kacamata Khusus

Kacamata khusus ini dilengkapi filter ND5 supaya mata tetap aman.

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2019