TMS Ragunan Observasi Satwa Hadapi Gerhana Matahari

Parade Satwa Taman Margasatwa Ragunan 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Taman Marga Satwa Ragunan (TMSR), Jakarta, untuk pertama kalinya akan melakukan observasi khusus terhadap efek dan perubahan perilaku satwa saat terjadinya gerhana matahari pada Rabu, 9 Maret 2016.

Jangan Kelewat, Ini Waktu Gerhana Matahari di Jakarta

Humas TMSR, Wahyudi Bambang mengatakan, observasi tersebut dilakukan untuk mengetahui reaksi satwa terhadap fenomena alam ini. Dalam proses observasi nanti, tim edukasi TMSR bersama dokter hewan akan keliling ke setiap kandang satwa dan mengamati perilaku mereka.

"Besok akan kita lakukan observasi khusus. Ini pertama kali kita lakukan. Observasinya untuk semua jenis hewan. Kita akan keliling ke kandang-kandang untuk mengetahui reaksinya apa," kata Wahyudi di TMSR, Jakarta Selatan, Selasa, 8 Maret 2016.

Mau Lihat Gerhana Matahari Cincin Besok? Cek Wilayah dan Waktunya!

Wahyudi berharap, dari observasi ini bisa diketahui efek dan perubahan perilaku satwa di TMSR dalam menghadapi gerhana. Hal ini karena pihak pengelola belum pernah melakukan penelitian terhadap masalah ini sebelumnya. Selain itu, hampir seluruh satwa di TMSR juga belum pernah mengalami gerhana matahari.

"Untuk mengetahui efek dan perubahan perilaku satwa-satwa yang ada di sini. Kalau Gerhana Matahari tahun ‘83 belum ada pengamatan secara signifikan," ujarnya menambahkan.

9 Temuan Penting Lapan Saat Gerhana Matahari Total

(mus)

Teleskop untuk melihat gerhana matahari di Jakarta

4 Teropong Raksasa Disiapkan untuk Lihat Gerhana Matahari dari TMII

Disediakan kacamata juga.

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2019