4 Teropong Raksasa Disiapkan untuk Lihat Gerhana Matahari dari TMII

Teleskop untuk melihat gerhana matahari di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Syaefullah

VIVA – Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelenggarakan pengamatan Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Dak Atap Lantai 3 Gedung Pusat Peragaan (PP-IPTEK), area Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis, 26 Desember 2019. 

5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024

Staf Program Sains PP-IPTEK Sri Wahyu Cahya Ningsih mengatakan, bahwa kegiatan pelaksana pengamatan melihat fenomena gerhana matahari ini dimulai dari pukul 10.30 WIB hingga pukul 14.30 WIB.

Ia menjelaskan, bahwa pengamatan di PP-IPTEK akan menyediakan empat unit teleskop yang dilengkapi filter matahari di mana salah satunya dihubungkan dan ditampilkan ke televisi yaitu teleskop tipe CPC 80, Coronado, Celestron Advance 6, dan Celestron Firstscope 114 EQ. 

Top Trending: Gerhana Matahari dalam Ramalan Jayabaya hingga Warga Salat Tarawih di Alfamart

Selama pengamatan menggunakan teleskop, pengunjung juga dapat menyaksikan live streaming munculnya GMC di wilayah-wilayah yang dilirnasi, serta simulasi GMC di area Wahan Temporer PP-IPTEK di Lantai 1.

"Dalam pengamatan ini PP-IPTEK akan menyediakan kacamata matahari dalam jumlah terbatas," ujar Sri Wahyu di lokasi. 

Gerhana Matahari yang Terjadi 8 April Ternyata Masuk dalam Ramalan Jayabaya

Maka, diharapkan kepada masyarakat untuk melihat langsung fenomena kejadian gerhana matahari ini langsung di Meseum Iptek yang telah di sediakan. 

"Kebetulan untuk kegiatan ini gratis tapi hanya bayar tiket di pintu masuk Rp16.500," katanya. 

Gerhana matahari total dilihat dari luar angkasa

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Pada tanggal 8 April 2024 lalu, gerhana matahari total terjadi di berbagai wilayah di Amerika Utara. Fenomena alam ini tak hanya dinikmati di Bumi, namun juga diamati dar

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024