5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024

Gerhana Matahari Total.
Sumber :
  • NU Online

VIVA Tekno – Langit akan diselimuti kegelapan di siang hari pada 8 April 2024, menandakan fenomena alam yang luar biasa, Gerhana Matahari Total (GMT).

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Peristiwa ini akan melintasi beberapa wilayah di Amerika Utara, menghadirkan momen magis yang tidak terlupakan. Berikut 5 fakta menarik tentang GMT, seperti dilansir dari BMKG dan NASA, Kamis, 4 Maret 2024.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Coronal mass ejection (CME) yang tertangkap saat Gerhana Matahari Hibrida.

Photo :
  • Josef Kujal

1. Lintasan Gerhana Menembus Benua Amerika

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Gerhana Matahari Total 8 April 2024 akan dimulai di Samudra Pasifik, tepatnya di Meksiko. Lintasan gerhana kemudian akan bergerak ke timur laut, melintasi beberapa negara bagian di Amerika Serikat seperti Texas, Oklahoma, Arkansas, Missouri, Illinois, Indiana, Ohio, Pennsylvania, New York, dan Vermont. Gerhana akan berakhir di Newfoundland, Kanada.

2. Durasi Gerhana Matahari Akan Lebih Lama

Nasa memprediksi Gerhana matahari total 8 April 2024 akan menjadi gerhana dengan durasi totalitas terlama dari gerhana sebelumnya di tahun 2017.

Pada 2017 Gerhana Matahari terjadi pada 2017 dengan durasi 2 menit 42 detik, sementara Nasa mengatakan bahwa pada gerhana kali ini diprediksi akan berlangsung selama 4 menit 26 detik. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan jarak posisi bulan dan bumi antara gerhana matahari 2017 dan 2024 mendatang.

3. Momen Langka yang Tak Terulang

Gerhana Matahari Total merupakan peristiwa langka yang tidak terjadi di setiap tempat setiap tahun. Di satu lokasi, gerhana total dapat terjadi rata-rata setiap 300 tahun sekali atau lebih. Oleh karena itu, momen gerhana pada 8 April 2024 merupakan kesempatan istimewa yang tidak boleh dilewatkan.

Ilustrasi Gerhana Matahari.

Photo :
  • Humas Universitas Brawijaya.

4. Kesempatan Emas Bagi Para Ilmuwan

Gerhana Matahari Total bukan hanya fenomena alam yang indah, tetapi juga momen penting bagi para ilmuwan untuk mempelajari lebih lanjut tentang Matahari. Saat gerhana terjadi, para astronom dapat mengamati korona Matahari, yaitu atmosfer luar Matahari yang biasanya tidak terlihat karena terlalu terang.

5. Fenomena Langka yang Penuh Misteri

Gerhana matahari total selalu menjadi fenomena alam yang penuh misteri dan daya tarik. Saat Bulan menutupi Matahari, korona Matahari yang biasanya tidak terlihat akan muncul. Momen ini menjadi kesempatan bagi para astronom untuk mempelajari atmosfer luar Matahari dan memahami lebih banyak tentang bintang raksasa ini.

Dampak Gerhana Matahari Total

Meskipun gerhana matahari total merupakan fenomena alam yang aman untuk dilihat dengan mata telanjang, penting untuk menggunakan kacamata khusus saat melihat fase totalitas. Hal ini untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

Gerhana matahari total 8 April 2024 diprediksi akan menarik banyak wisatawan dan astronom dari seluruh dunia. Momen ini menjadi kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan mempelajari lebih banyak tentang misteri alam semesta.

Penelitian yang dilakukan saat gerhana dapat membantu para ilmuwan memahami lebih banyak tentang aktivitas Matahari, yang dapat memengaruhi Bumi dan planet lain di tata surya. Selain itu, gerhana juga menjadi kesempatan untuk menguji teori-teori baru tentang astrofisika dan kosmologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya