5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Mikhail Nilov

Jakarta – Diabetes merupakan kondisi medis yang memengaruhi cara tubuh anda memproses gula darah. Makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki dampak langsung pada kadar gula darah.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Salah satu aspek penting dalam mengelola diabetes adalah memilih dengan bijak makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, termasuk buah-buahan.

Meskipun buah-buahan dapat menjadi pilihan makanan yang sehat bagi sebagian besar orang, beberapa jenis buah harus dihindari oleh penderita diabetes karena kandungan gula alaminya yang tinggi.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Berikut adalah lima buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, Melansir dari berbagai sumber, Rabu, 3 April 2024.

1. Anggur

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Manfaat buah anggur

Photo :
  • Pixabay/Unsplash

Anggur mengandung kadar gula yang tinggi, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Konsumsi anggur secara berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak diinginkan pada penderita diabetes. Sebagai alternatif, pilihlah buah-buahan lain yang lebih rendah kadar gulanya seperti stroberi atau raspberry.

2. Pisang

Buah pisang.

Photo :
  • Pixabay/stevepb

Meskipun kaya akan serat dan nutrisi lainnya, pisang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Terlebih lagi, pisang memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti mereka dapat meningkatkan gula darah dengan cepat setelah dikonsumsi. Sebagai gantinya, pilihlah buah-buahan rendah gula seperti apel hijau atau alpukat.

3. Kurma

Kurma

Photo :
  • Pixabay/ Vesiraja

Kurma adalah buah kering yang sangat manis dan memiliki kandungan gula yang tinggi. Meskipun mereka mengandung serat, vitamin, dan mineral, konsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko lonjakan gula darah. Jika Anda menyukai rasa manisnya, pertimbangkan untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah kecil sebagai camilan sesekali.

4. Ceri Kering

Panna cotta with cherry.

Photo :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

Seperti halnya kurma, ceri kering memiliki kandungan gula yang tinggi dan memiliki indeks glikemik yang tinggi juga. Meskipun ceri kering kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya, sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas oleh penderita diabetes.

5. Mangga

Ilustrasi buah mangga

Photo :
  • Pixabay/badcoconut

Mangga adalah buah tropis yang lezat namun memiliki kandungan gula yang tinggi. Makan satu mangga besar dapat menyediakan sekitar 45 gram gula. Jika anda ingin menikmati mangga, batasi porsi dan pastikan untuk memperhitungkan asupan karbohidrat anda secara keseluruhan.

Meskipun beberapa buah memiliki kandungan gula yang tinggi dan harus dihindari oleh penderita diabetes, masih banyak pilihan buah-buahan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Beberapa contohnya adalah stroberi, raspberry, blueberry, apel hijau, alpukat, dan buah beri lainnya. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan pilihan makanan terbaik sesuai dengan kebutuhan spesifik anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya