Sederet Buah yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Daging, Bantu Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Ilustrasi buah-buahan.
Sumber :
  • Freepik/Valeria_aksakova

Jakarta – Lebaran identik dengan hidangan lezat, khususnya daging berlemak. Meski menggugah selera, konsumsi daging berlebihan dapat meningkatkan kadar kolestrol (LDL) dalam tubuh.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Untungnya, alam menyediakan solusi lezat dalam bentuk buah-buahan yang baik dikonsumsi setelah makan daging untuk membantu menurunkan kolestrol, melansir dari berbagai sumber, berikut 5 buah yang baik untuk dikonsumsi setelah makan daging.

1. Apel yang Kaya Pektin dan Serat untuk Menjebak Kolestrol

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Apel hijau dan merah

Photo :
  • Times of India

Buah klasik ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya pektin dan serat larut yang membantu menjebak kolestrol jahat di pencernaan dan membuangnya keluar tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidannya pun membantu menjaga kesehatan jantung.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

2. Semagka, Buah Seger Penurun Kolestrol

Ilustrasi makan buah/semangka

Photo :
  • Pixabay/Foundry

Siapa sangka, buah segar favorit di musim panas ini juga berkhasiat menurunkan kolestrol. Semangka kaya likopen, antioksidan kuat yang membantu melawan peradangan dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Kandungan airnya yang tinggi pun membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Alpukat. Lemak Sehat untuk Menjaga Keseimbangan Kolestrol

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Photo :
  • vstory

Jangan ragu untuk menambahkan alpukat ke menu harian anda. Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat membantu meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dan menurunkan LDL. Kaya serat dan antioksidan, alpukat juga membantu menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

4. Buah Beri, Kecil-kecil Kaya Manfaat Menakjubkan

Berbagai buah beri

Photo :
  • Unsplash

Buah beri seperti stroberi, bluberry dan raspberry merupakan sumber serat larut dan antioksidan yang luar biasa. Kandungan pektinnya membantu menjebak kolestrol jahat dan membuangnya dari tubuh. Rasanya yang manis sedikit asam dan menyegarkan pun menjadikannya camilan sehat yang tak terlupakan.

5. Pir, Si Mungil Kaya Serat untuk Menjaga Pencernaan

Buah Pir

Photo :
  • Eat This

Satu buah pir mengandung 16% kebutuhan serat harian. Serat larutnya membantu mengikat kolestrol dan melancarkan pencernaan. Kandungan vitamin C dan antioksidannya pun membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Pepaya, Buah Tropis yang Kaya Manfaat

Buah pepaya.

Photo :
  • Times of India

Pepaya tak hanya lezat dan mudah diolah, tetapi juga kaya serat dan vitamin C. Kandungan pektinnya membantu menurunkan LDL dan pepaya membantu melancarkan pencernaan. Pepaya juga kaya antioksidan untuk melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya