BMKG Siapkan 2 Teropong GMT untuk Wapres di Palu

Teropong gerhana matahari total
Sumber :

VIVA.co.id - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) dijadwalkan menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) secara langsung di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

JK: Cegah Terorisme Perlu Pendidikan dan Perkuat Intelijen
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Palu menyiapkan dua unit teropong untuk digunakan oleh JK guna melihat GMT di Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu, 9 Maret 2016.
Jusuf Kalla Ungkap Peran Penting Ulama
 
Kepala Bidang Observasi BMKG Kota Palu, Bambang S, mengatakan, dua unit teropong astronomi dan perangkat lainnya itu sudah dilakukan uji coba. BMKG Palu menyatakan teropong tersebut siap dan layak operasi.
Soal 'Reshuffle' Kabinet, Ini kata JK
 
“Nanti akan dicoba lagi untuk memastikan tidak ada lagi kekurangan. Hasil rekaman teropong saat Gerhana Matahari Total juga bisa ditonton oleh masyarakat melalui layar maupun streaming BMKG," kata Bambang, Selasa, 8 Maret 2016.
 
Saat bersamaan, sejumlah mahasiswa dan astronomi dari Iran datang dan menyaksikan persiapan di lapangan desa Kotapulu.
 
Mereka mengaku senang karena bisa sampai di tempat ini dan berharap bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total dengan baik.
 
“Di sini saya akan menyaksikan Gerhana Matahari Total dengan segala keindahannya,” ujar Ali asal Iran.
 
Mochsen, salah seorang fotografer asal Iran juga mengaku senang bisa tiba di Kotapulu untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total.
 
“Ini merupakan pertama kali saya akan melihat Gerhana Matahari Total di Indonesia,” ujar Mochsen.
 
Ratusan TNI dan Polri disiagakan
 
Setelah ditetapkan sebagai titik pemantauan dan akan dihadiri Wapres, aparat keamanan berjaga-jaga di lokasi. Sementara itu, panitia lainnya mempersiapkan segala sesuatunya di panggung utama. Ratusan TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan kunjungan kerja Wapres.
 
Sementara itu, Ibu Mufidah Kalla dijadwalkan akan membuka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016 di Gedung Serbaguna Desa Kotapulu, tidak jauh dari panggung utama pemantauan Gerhana Matahari Total. Panitia juga terlihat sibuk mempersiapkan ruangan dan sarana pendukung lainnya.
 
Rencananya, JK berserta rombongan dan masyarakat di Desa Kotapulu akan menyaksikan GMT pukul 06.00.
 
Ribuan turis dan ilmuwan astronomi mancanegara sudah berdatangan ke Palu sambil mempersiapkan pemantauan dari beberapa titik yang sudah dipersiapkan.
 
Gerhana Matahari Total akan melintasi Kota Palu serta lima kabupaten lainnya, yakni Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, Poso, Tojo Una-una serta Banggai.
 
Laporan: Abdy Mari/tvOne/Antv
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya