Nyepi Usai, Bali Kembali Normal

Suasana di Bali setelah perayaan Nyepi. Kamis 10 Maret 2016
Sumber :
  • Bobby Andalan/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Pelaksanaan ibadah Nyepi yang dilaksanakan umat Hindu di Bali telah usai. Suasana di Pulau Dewata pun kembali normal.

Bali Bakal Nyepi Lagi 3 Hari Gegara Corona, Polda Imbau Warga Patuh

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebagai gerbang utama yang menghubungkan Bali dengan dunia luar kembali ramai. Begitu juga dengan pelabuhan dan Jalan Tol Bali Mandara.

Lalu lalang kendaraan dan hilir mudik masyarakat kembali menghiasi jalanan. Toko dibuka, dan aktivitas perkantoran kembali normal. Hanya sekolah di Kota Denpasar yang masih libur.

Joging Saat Nyepi, Bule Amerika Dirantai Pecalang

"Sudah selesai Nyepi-nya. Sekarang kembali ke aktivitas semula," kata Agung, seorang pecalang di kawasan Pekambingan, Denpasar, Kamis, 10 Maret 2016. 

Tepat pukul 06.00 WITA, pagi tadi, ibadah Catur Brata Penyepian bagi umat Hindu berakhir. Ibadah ini terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/lampu), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Westny DJ: Ada yang Beda Nyepi Saat Hamil dan Punya Suami

"Sudah mulai dagang. Tadi pas Nyepi selesai pukul enam, saya langsung jualan," kata Doni, pedagang bubur yang sehari-hari membuka dagangannya di Jalan Nusa Kambangan, Denpasar.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya