Kapolri Lantik Kapolda Sumut, Babel, dan Sulteng

Kapolri Janderal Badrodin Haiti dan jajarannya.
Sumber :
  • viva.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Badrodin Haiti melantik Pejabat Tinggi (Pati) Polri, dan tiga Kepala Kepolisian Daearah (Kapolda) di lingkungan Mabes Polri, Kamis, 10 Maret 2016.

Alasan Mantan Kapolri Batal Jadi Komisaris Utama Grab

"Demi Allah saya bersumpah, selaku pejabat Kepolisian Republik Indonesia, akan setia dan sepenunya taat Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Badrodin haiti dengan diikuti Pati Polri yang dilantik di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Badrodin Haiti menuturkan bahwa rotasi jabatan anggota Polri untuk kepentingan organisasi di dalam institusi kepolisian itu sendiri. "Ada yg untuk kepentingan regenerasi, ada yang untuk penyegaran, untuk dinamika operasional Polri sehingga jadi latar belakang kapan dilakukan mutasi," katanya.

Badrotin Haiti Pilih Jadi Komisaris Waskita Ketimbang Grab

Ia meyakini, rotasi beberapa Pati Polri sudah dilakukan dengan tepat, bahkan melalui Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri. "Ini menjadi satu latar belakang pertimbangan kenapa mereka dimutasi disitu," katanya.

Irjen Pol Ngadino yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Utara dimutasi sebagai Pati Polda Jawa Tengah dalam rangka pensiun. Untuk posisi Kapolda Sumatera Utara akan diduduki oleh Irjen Pol Budi Winarso yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.

Badrodin Haiti Tampil Berjanggut, Masih Dipanggil 'Kapolri'

Brigadir Jenderal Polisi Gatot Subiyaktoro, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, dimutasi dari jabatan baru yaitu Assarpras Kapolri. Posisi Kapolda akan diduduki oleh Brigjen Pol Yovianes Mahar yang sebelumnya sebagai Inspektorat Wilayah II Itwasum Polri.

Brigjen Pol Idham Azis, Kapolda Sulawesi Tengah, dirotasi sebagai Irwil II Inspektorat Pengawasan Umum Polri, dan jabatan Kapolda Sulawesi Tengah akan diisi oleh Rudy Safahriadi yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Mabes Polri. Idham Azis diketahui anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri. Dia pernah menangani kasus bom Bali II.

Sedangkan jabatan Kadivpropam Polri akan diisi oleh Irjen Pol Mochamad Iriawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Hukum Polri. Posisi Kadivkum Polri akan dijabat oleh Irjen Pol Setyo Wasito, sebelumnya menduduki Pati SSDM Polri penugasan pada Lemhannas RI.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram nomer ST/476/II/2016 tertanggal 28 Februari 2016, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri. Dan, surat keputusan tersebut ditandatangani oleh AS SDM Polri, Irjen Pol Sabar Rahadjo, atas nama Kapolri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya