Menteri Anies Jamin Tak Ada Kebocoran Soal UN

Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengemukakan ujian nasional tahun ini diikuti 7,6 juta siswa di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 921 ribu siswa mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Siswa Terdampak Banjir Dapat Dispensasi Waktu Penyelenggaraan UN

Soal-soal itu telah di-download sejak tiga hari lalu. Jumlah soal mencapai ribuan. "Tidak bisa bocor. Soal yang keluar setiap ujian dirandom untuk setiap anak berbeda," ujar Anies dalam wawancara dengan tvOne, Senin, 4 April 2016.

Tak semua sekolah menjalankan UN berbasis komputer. Ada juga sekolah-sekolah yang masih menggelar ujian nasional berbasis pensil dan kertas (UNPK). 

Hebat, Siswa SMAN 6 Solo Ini Dapat Skor 100 di Semua Pelajaran UNBK

Hingga saat ini, Anies menyebutkan, sekolah-sekolah yang memakai kertas sebagai media ujiannya tidak mengalami masalah dari mulai percetakan sampai distribusi. "Tidak ada kegemparan karena soal terlambat, kebocoran," ujar Anies.

Pengiriman soal untuk daerah ujung terdepan Indonesia telah dilakukan sejak awal Maret. "Alhamdulillah persiapan baik," ucapnya.

Sebanyak 126 Siswa SMA Curang pada UNBK 2019

Dia berpesan kepada para peserta ujian untuk percaya diri dalam menjalani UN. "Jangan percaya daftar (jawaban) yang diberikan orang lain," kata Anies. (ase)
 

Kemendikbud: Ujian Nasional SMK Berjalan Lancar

UN di beberapa provinsi itu tetap memperhatikan protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2020