Ribuan Narapidana Bakal Ditransfer ke Rutan Cilodong

Menkumham Yasonna Laoly.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Hamonangan Laoly melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Tahanan Cilodong, Depok. Kunjungan Yasonna terkait adanya rencana pemindahan ribuan tahanan dari Lapas Cipinang dan Lapas Gunung Sindur ke Rutan Cilodong.

Pimpinan KPK Kesal Masyarakat Pilih Koruptor di Pilkada

“Lapas di Jakarta over kapasitas. Ini dalam rangka redistribusi narapidana kedatangan saya. Fasilitas Rutan Cilodong sudah digunakan sejak Oktober 2015. Di sini memang masih kekurangan personel. Tapi kami akan geser (tambah jumlah),” kata Yasonna di Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin 19 April 2016.

Di LP Cipinang, kata dia, saat ini sudah mendekam 3.500 narapidana (napi).

Presiden Jokowi Ingatkan Jaksa Agung Agar Tak Bikin Gaduh

"Karena Lapas Cilodong sudah bisa digunakan, saya sudah minta kepada kepala kantor wilayah dan Pak Sekjen untuk memindahkan staf dan redistribusi tahanan ke Lapas Cilodong,” ujarnya didampingi Karutan Cilodong, Rachman.

Namun Yasonna belum menyampaikan jumlah pasti narapidana yang akan ditransfer ke Rutan Cilodong.

Mahalini Ungkap Alasan Ingin Segera Dipinang Rizky Febian

“Kami lihat dulu mungkin di Lapas Cilodong masih bisa digeser 1000 napi dari Lapas Jakarta. Tapi tidak untuk tahanan teroris dan narkotika. Daya tampung Rutan Cilodong 1.150, pegawai 25 tapi penjaganya 3 orang per-shift. Ini masih sangat kurang. Saya akan mengkaji untuk pengawai lain, staf pengamanan, administrasi,” jelasnya.

Yasonna menilai Rutan Cilodong secara umum sudah baik ditambah dengan CCTV yang dianggap cukup memenuhi kebutuhan pengawasan.

Ilustasi tiang gantungan.

Napi Pengidap HIV Tewas Gantung Diri di Lapas Malang

Korban bunuh diri diduga karena frustasi dengan penyakitnya.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2016