Boy Rafli Siap jadi 'Media Darling'

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Badrodin Haiti melantik delapan perwira tinggi Polri di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 21 April 2016. Salah satu perwira tinggi Polri yang dilantik adalah Kepala Divisi Humas Polri, yang dijabat Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar.

Polri: Selamat Berpuasa Pembaca VIVA.co.id

Boy yang sebelumnya menjabat Kapolda Banten, dipromosikan menjadi Kadiv Humas Polri yang baru, menggantikan Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan yang juga dipromosikan menjadi Kapolda Sulselbar.

Dalam amanatnya, Kapolri Jenderal Badrodin berharap perwira tinggi Kepolisian harus loyal terhadap masyarakat dengan menjalankan tugasnya masing-masing, serta memantau perkembangan media.

Brigjen Antam Novambar Resmi jadi Wakabareskrim Polri

"Berita berjalan tanpa jarak dan waktu dari media yang bisa saja bersifat negatif. Tingkat Polri maupun Polda harus mampu menganalisis tugas dalam bidang masing-masing. Tidak hanya berada di belakang meja namun turut langsung ke lapangan," kata Kapolri.

Khusus untuk Kadiv Humas Polri yang baru, Jenderal Badrodin berpesan agar mampu menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan media massa.  "Jadilah 'media darling' untuk mendukung tugas kehumasan Polri," ujar Kapolri.

Mabes Polri Larang Ormas Sweeping Selama Ramadan

Menurut Kaporli, Humas Polri merupakan corong Polri dalam memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga diharapkan menjadi penyampai pesan yang akuntabel dan menjaga kredibilitas humas Polri dalam keterbukaan informasi kepada media.

"Jangan menyampaikan berita yang tidak benar. Tapi tidak ada kewajiban kita untuk memberikan seluruh kebenaran kepada media. Berikan informasi yang cepat dan tepat waktu, sederhana dalam keterbukaan informasi kepada media," jelasnya.

Sementara itu, usai sertijab, Boy Rafli mengaku siap melaksanakan amanah yang diberikan dari Kapolridalam mengemban tugas Humas Polri yang baru. Boy akan menyampaikan informasi ke masyarakat dan selalu berkomunikasi dengan media massa, agar dapat informasi tersebut dapat diserap oleh publik.

"Kepercayaan pimpinan, amanah pimpinan akan saya laksanakan sebaik-baiknya. Jadi tentu, Pak Kapolri tadi sudah memberikan arahan, ya tentu kewajiban saya untuk melaksanakan kewajiban tugas dengan seoptimal mungkin," kata Boy Rafli.

Laporan: Adin Lubis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya