Dinas Pendidikan Kaltim Percepat Pengiriman Naskah UN SMP

Soal ujian nasional SMP
Sumber :
  • Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Meski Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih 3 minggu lagi, namun Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Senin pagi, 25 April 2016, telah mendistribusi naskah UN. 

Ahok: Siswa SD di Jakarta Lebih Beruntung daripada Daerah

Sedikitnya ada 12 ton naskah soal dan lembar jawaban dibagikan, terutama ke sekolah yang berada di kawasan pedalaman hutan Kalimantan Timur.

Sedikitnya ada 970 karung berisi naskah soal dan lembar jawaban UN untuk tingkat SMP, yang tersimpan di gudang Kantor Pos Cabang Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ujian Sekolah untuk SD Mulai Digelar Hari Ini

Naskah UN ini sudah tiba di kantor pos sejak Kamis lalu, 21 April 2016, dan telah melalui verifikasi.

Pihak kantor pos menyatakan bahwa naskah ini telah dicocokkan, dan dinyatakan sesuai dengan data yang dimiliki Dinas Pendidikan Kalimantan Timur.

DPR Ingatkan Siswa Junjung Kejujuran Saat Ujian Nasional

Dinas Pendidikan sengaja memulai lebih awal proses distribusi naskah, untuk mengantisipasi agar pelaksanaan UN tingkat SMP bisa digelar serentak 9 Mei mendatang, karena sejumlah sekolah berada di lokasi terpencil sehingga sulit dijangkau.

"Ada 5 kabupaten yang akan mendapatkan kiriman naskah UN lebih awal, yakni Kabupaten Mahakam Ulu, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan Berau," ujar Kepala Kantor Pos Cabang Balikpapan, Hari Sumaryono di kantornya.

Rencananya, proses distribusi naskah UN tingkat SMP akan dilakukan selama sepekan ini, dengan mendapatkan pengawalan dan penjagaan ketat aparat kepolisian.

Laporan: Iqbal Abdullah / Balikpapan - Kalimantan Timur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya