Tiga Pulau Ini Paling Banyak Terima Dana Desa

Warga miskin berebut mendapatkan paket sembako murah.
Sumber :
  • ANTARA/Ahmad Subaidi

VIVA.co.id - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) mengungkapkan, ada tiga pulau yang paling banyak menerima dana desa. Mereka antara lain Pulau Jawa dan Bali, Sumatera, dan Sulawesi.

Khofifah Awasi Langsung Proyek Padat Karya Dana Desa di Lereng Lawu

"73 persen dana desa disalurkan di tiga pulau tersebut," kata Sekretaris Jenderal Kemendesa PDTT, Anwar Sanusi melalui keterangan tertulis, Rabu, 27 April 2016.

Anwar menuturkan, Pulau Jawa dan Bali dengan total 23.118 desa mendapatkan alokasi sebesar 32 persen. Lalu, Pulau Sumatera dengan 22.982 desa mendapatkan alokasi 30 persen, dan Pulau Sulawesi dengan 8.679 desa mendapatkan alokasi sebesar 11,4 persen.

Sri Mulyani Setop Penyaluran Dana ke 56 Desa Fiktif

Untuk kepentingan sosialisasi, mereka akan blusukan ke desa-desa di tiga pulau tersebut dengan membentuk tim Jelajah Desa Nusantara mulai hari ini. Mereka ingin mengawasi penyaluran dan penggunaan dana desa. "Dana Desa harus digunakan secara tepat untuk pembangunan desanya masing-masing.”

Sekedar diketahui, dana desa tahun ini dialokasikan sebesar Rp46,9 triliun dari APBN. Jumlah tersebut akan disalurkan ke 74.754 desa dalam dua tahap.

Pujon Kidul Jadi Contoh Keberhasilan Pengelolaan Dana Desa

Tahap pertama disalurkan oleh Kementerian Keuangan sebesar 60 persen mulai Maret lalu. Sementara tahap kedua akan disalurkan sebesar 40 persen pada bulan Agustus mendatang.

Prioritas penggunaan dana desa telah ditetapkan oleh Kemendesa PDTT melalui Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 21 Tahun 2015, yakni untuk pembangunan infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya