Gunung Karangetang di Sulawesi Utara Erupsi

Gunung Karangetang di Sulawesi Utara
Sumber :
  • Istimewa PVMBG

VIVA.co.id – Gunung Karangetang yang berada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara kembali erupsi, Rabu 27 April 2016. Menurut warga, erupsi terjadi sekitar pukul 17.00 WITA.

Sulut Paling Rawan Jadi Jalur Eksodus Abu Sayyaf dan Santoso

“Ya, sore tadi Gunung Karangetang erupsi. Sejak beberapa hari lalu gunung memang tidak ada aktivitas erupsi, baru tadi sore,” ujar Abed Anthoni, salah seorang warga Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur.

Meski terjadi erupsi, namun dari pantauan VIVA.co.id, aktivitas warga tampak tak terganggu. Hal itu dikarenakan, aktivitas erupsi di gunung tersebut memang sering terjadi dan dianggap biasa oleh masyarakat.

Ekspor Lewat Pelabuhan Bitung Lebih Tinggi dari Soeta

“Saya hanya berpesan kepada istri dan anak-anak, kita harus antisipasi kalau ada potensi letusan yang lebih kuat,” kata Abed.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro, Bob Chalton Wuaten, juga membenarkan hal itu. “Jarak luncuran lava 2.000 meter, yang mengarah ke Kali Kahetang. Luncuran ini terjadi akibat kolaps gugusan kubah baru dari atas gunung,” kata mantan Kadis PU Sitaro ini.

Kota di Indonesia Ini Larang Anak Perempuan ke Luar Malam

Bob melanjutkan, untuk status gunung tetap waspada. “Hanya saja masyarakat di wilayah Boro, Kelurahan Tararone, Kecamatan Siau Timur diminta waspada karena berpotensi terjadi awan panas yang cukup besar. Visual gunung dari pantauan masih tertutup asap,” terangnya.

MoU PLN dengan PT MSM

PLN Pasok Listrik ke Tambang Emas, Listrik di Sulut Byar Pet

PLN klaim listrik Sulawesi Utara dan Gorontalo surplus.

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2016