Sulawesi Utara Digoyang Gempa 5 SR

Ilustrasi/Gempa bumi.
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 5,0 skala richter (SR) terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, Kamis 2 Juni 2016, sekira pukul 23.01 WITA.

Bolaang Mongondow Selatan Diguncang Gempa M 5,9, Masyarakat Panik

Mengutip dari laman Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Sulawesi Utara, lokasi gempa terjadi di 0,33 lintang selatan, 124,20 bujur timur dengan jarak 90 kilometer Tenggara Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan kedalaman 14 kilometer.

"Gempa tidak berpotensi tsunami sehingga warga diminta tetap tenang,” tulis BMKG.

Penemuan Kasus Baru Covid-19 Terbanyak di Bolaang Mongondow

Hendra Mokoagouw, warga setempat, mengaku tak mengetahui kalau terjadi gempa bumi beberapa menit yang lalu. “Kami tidak merasakan ada gempa bumi. Mungkin karena sudah larut malam dan banyak sudah tidur sehingga tidak terasa ada goyangan,” ujarnya.

Data BMKG Sulawesi Utara dalam sepekan ini sudah dua kali gempa bumi di Bumi Nyiur Melambai. Sebelumnya pada Sabtu 28 Mei 2016 lalu, gempa menerjang Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara berkekuatan 4,1 SR, dengan 0,11 Lintang Selatan,124,76 Bujur Timur, 97 kilometer tenggara Boltim, kedalaman 10 Kilometer.

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Bolaang Mongondow Selatan
Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara dr Steaven Dandel MPH.

Masih Banyak yang Ragu, Capaian Vaksinasi di Sulawesi Utara Rendah

Cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama empat daerah di Sulawesi Utara masih di bawah 20 persen, karena banyak warga yang takut.

img_title
VIVA.co.id
26 Juli 2021