Hari Ini Pengumuman Nilai UN SMA

Sejumlah Pelajar SMA Merayakan Kelulusan Ujian Nasional
Sumber :
  • ANTARA/Bhakti Pundhowo

VIVA.co.id – Siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat sedang harap-harap cemas. Hari ini merupakan pengumuman kelulusan, setelah mengikuti ujian nasional (UN) selama empat hari berturut-turut.

UN Dihapus, Menteri Muhadjir Mengaku Dikecam Percetakan

Informasi resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yang diposting melalui akun resmi di Twitter, menunjukkan jika pengumuman dilakukan hari ini, Sabtu 7 Mei 2016. Sayangnya, proses pengumuman tidak dilakukan seperti biasanya, atau tidak menggunakan situs resmi Kemdikbud.

"Kami tidak mengumumkan hasil UN, tetapi sekolah yang mengumumkan. Caranya, tergantung kebijakan masing-masing sekolah," tulis pihak Kemdikbud dalam akun Twitternya, Sabtu 7 Mei 2016.

Jokowi Janji Moratorium Ujian Nasional Pekan Ini

Dalam akun tersebut juga dijelaskan, portal kemdikbud.go.id maupun un.kemdikbud.go.id tidak dilibatkan dalam pengumuman kelulusan UN SMA dan sederajat. Bisa jadi, menurut mereka, pengumuman itu dilakukan pihak sekolah melalui portal pribadi sekolah, datang langsung ke sekolah, atau mekanisme lain yang disesuaikan oleh pihak sekolah masing-masing.

"Tidak benar kami akan mengumumkan hasil UN. Hasil UN diumumkan sekolah masing-masing. Kalaupun ada berita hasil UN di portal Kemdikbud, itu hanyalah gambaran umum," tulis mereka.

Mendikbud Tak Mau Lagi Bicara Penghapusan Ujian Nasional

Perlu diketahui, peserta UN tahun ini sebanyak 7,6 juta peserta, baik itu SMA, SMK, dan SMP sederajat. UN tahun ini sama seperti UN tahun lalu, yang tak lagi menjadi syarat bagi para siswa untuk bisa lulus sekolah.

Pencapaian kompetensi kelulusan dalam UN tahun ini dinyatakan dalam kategori sangat baik (85 sampai 100), baik (70 sampai 85), cukup (55 sampai 70), dan kurang (0 sampai 55).

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya