Puncak Arus Balik Libur Panjang Diprediksi Mulai Malam Ini

Rambu lalu lintas petunjuk berkendara
Sumber :

VIVA.co.id – Banyak warga Jakarta menghabiskan liburan panjang akhir pekan ini ke luar kota. Hal itu tampak dari padatnya lalu lintas jalan yang mengarah ke Timur, baik jalan tol maupun arteri, sejak 5-6 Mei kemarin.

Tol Baru Trans Jawa Siap Digunakan untuk Mudik Tahun ini

Setelah puas menghabiskan waktu di kampung halaman, mereka tentu akan kembali ke Jakarta. Dan, seperti biasanya, arus balik akan mulai terjadi hari ini, Sabtu 7 Mei 2016.

Namun, hingga pagi ini, terlihat kondisi arus lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek masih lengang dan lancar di kedua arahnya.

Sejumlah Proyek Jalan Tol di Jabodetabek Mandek

"Sampai saat ini, masih lancar dan belum ada lonjakan volume kendaraan, terkait arus balik," kata Juru bicara PT Jasa Marga Tbk, cabang Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto.

Namun, menurut data yang ia terima, hasil pantauan di gerbang tol Cikarang Utama untuk periode ketiga (21.00 WIB hingga 06.00 WIB), ada peningkatan arus lalu lintas dari arah Cikampek menuju Jakarta.

Kisah Mengerikan Pembantaian Brutal di Jalan Tol

"Ada peningkatan jumlah kendaraan, sekitar 30 persen untuk yang ke Jakarta. Tercatat, sebanyak 26.042 kendaraan melintas di periode tiga. Pada hari biasa, jumlah kendaraan hanya 20 ribu saja," jelas Iwan.

Untuk keseluruhan total lalu lintas, sejak Jumat 6 Mei 2016 dan hingga pagi tadi, diakui Iwan, jumlahnya di bawah lalu lintas normal.

"Sejak kemarin dan hingga pagi tadi, ada sebanyak 75.906 kendaraan melintas ke arah Jakarta. Masih di bawah lalu lintas normal, yang sekitar 77.200 kendaraan," ucapnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan sejumlah persiapan, terkait puncak arus balik kendaraan, yang diprediksi terjadi pada malam nanti hingga besok.

"Fokus kami persiapan arus balik. Dan, petugas sudah mulai melakukannya," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya