Libur Usai, Diprediksi 104.278 Mobil Lintasi Tol Cikampek

Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek.
Sumber :
  • Jay Bramena/VIVAnews

VIVA.co.id – PT Jasa Marga Cabang Tol Jakarta-Cikampek memprediksi arus balik kendaraan di libur panjang awal Mei ini, akan mengalami puncaknya pada malam hari nanti. Dan diprediksi. Sebanyak 104.278 kendaraan diperkirakan akan melintasi di jalur jalan tol tersebut hingga besok pagi.  

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Kemacetan panjang akibat meningkatnya volume kendaraan di arus balik libur panjang mulai terjadi pada Sabtu, 7 Mei 2016 malam. Akibatnya, laju kendaraan hanya bisa dipacu sekitar 20 kilo meter per jam. Dan sampai saat ini, arus lalu lintas terus meningkat dari hari normalnya.

"Lonjakan arus balik sudah terjadi sejak Sabtu malam. Kenaikan kendaraan yang melalui gerbang tol Cikarang Utama mencapai 44 persen atau sekitar 91.845 kendaraan dengan normalnya 63.500 kendaraan," ujar Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta – Cikampek, Iwan Abrianto, Minggu, 8 Mei 2016.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Iwan mengatakan, kepadatan bisa terlihat dari pertemuan dari arah Bandung dan Cikampek di kilometer 66 yang menyebabkan antrian kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama. 

"Prediksi kami, sampai malam nanti 104.278 kendaraan akan melintas," katanya.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Saat ini, PT Jasamarga membuka 21 gardu pintu keluar (exit) dan pintu masuk (entrance) sebanyak 13 gardu dengan menempatkan Petugas Jemput Kendaraan (JKR) sebanyak enam orang yang diperbantukan di gardu exit. Bahkan, empat pembayaran elektronik GTO diberlakukan pembayaran tunai hingga Senin pagi.

Saat ini, kata dia, volume kendaraan belum terlihat parah. Namun, jika terjadi kemacetan panjang pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan kendaraan yang akan masuk ke tol menuju Jakarta di gerbang Cikarang Utama dari arah Cikampek akan ditutup bila kepadatan di dalam ruas tol tidak terurai.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya