Kiai Diminta Turut Awasi Dana Desa

Para kiai bersama Menteri Desa PDT dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
Sumber :
  • Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

VIVA.co.id - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, meminta para kiai turut mengawasi dana desa. Alasannya, dana itu cukup besar sehingga rakyat akan rugi jika dikorupsi atau disalahgunakan.

Sri Mulyani Setop Penyaluran Dana ke 56 Desa Fiktif

"Kiai punya peran penting dalam mengawasi dana desa. Begitu juga untuk mensosialisasikan penggunaan dana desa agar tepat sasaran," kata Marwan dalam keterangan tertulis, Senin, 9 Mei 2016.

Marwan menuturkan bahwa kiai dan juga kalangan cerdik pandai khususnya di kalangan muslim lainnya merupakan figur yang dihormati di masyarakat. Oleh karena itu, mereka juga wajib memiliki semangat dalam membangun desa.

Pujon Kidul Jadi Contoh Keberhasilan Pengelolaan Dana Desa

"Desa yang dulunya hanya menjadi objek pembangunan kini telah berubah menjadi subjek pembangunan, sehingga butuh peran dari kiai," ujar menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Marwan melanjutkan, program pembangunan nasional tak hanya bergantung kepada pemerintah sebagai pelaksana mandat rakyat, tetapi juga diperlukan peran kiai sebagai panutan umat. Apalagi, dalam konteks dana desa, yang naik terus setiap tahun.

Kemenkominfo RI Gelar Dialog Sosialisasikan Dana Desa

"Tahun lalu, pemerintah menganggarkan sebesar Rp20,8 triliun, dan tahun ini alhamdulillah mengalami kenaikan menjadi Rp47 triliun," tuturnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pemanfaatan dana desa di Desa Genilangit, Poncol, Magetan.

Khofifah Awasi Langsung Proyek Padat Karya Dana Desa di Lereng Lawu

Penyaluran dana desa tahap pertama dari pemerintah pusat di Jawa Timur selesai. Kini tinggal pemanfaatannya

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2020