Kesiapan Infrastruktur Mudik Jadi Sorotan

Kondisi macet parah di tol Cikampek, Rabu, 4 Mei 2016.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Jelang Lebaran, arus mudik menjadi salah satu yang diantisipasi. Menghadapi fenomena setahun sekali ini, Komisi V DPR telah mengagendakan rapat dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Korps Lalu Lintas Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam rangka persiapan infrastruktur.

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

"Kami juga sudah mengagendakan kunjungan spesifik untuk melihat secara langsung berkaitan dengan persiapan infrastruktur mudik Lebaran di beberapa titik," kata Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Francis di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 2 Juni 2016.

Menurut politikus Partai Gerindra ini, ada hal yang jadi perhatian dalam menghadapi arus mudik ini. Pertama adalah titik macet, kedua titik rawan, terakhir adalah yang terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah, seperti keamanan dan juga kenyamanan mudik.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

"Kami juga meminta dalam setiap penanganan infrastruktur persiapan mudik Lebaran itu ada terobosan-terobosan agar persoalan yang berulang itu tidak muncul kembali," ujar Fary.

Fary juga meminta adanya semacam audit keamanan di tiap moda transportasi. Upaya itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

"Kami minta untuk diaudit secara benar, baik itu darat, laut maupun udara dan kereta api," kata Fary.

Ilustrasi makam.

Benarkah Meninggal di Bulan Ramadhan Dijamin Masuk Surga? Ustaz Syafiq Basalamah Beri Penjelasan

Akankah mereka yang meninggal di bulan suci Ramadhan ini bisa mendapatkan jaminan surga-Nya? Terkait hal ini, Ustaz Syafiq Basalamah angkat bicara.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024