Menko Luhut Tidak Temukan Bukti Kebangkitan PKI

Menko Maritim dan Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Filzah Adini Lubis

VIVA.co.id – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan, membantah isu mengenai kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Sebab, dari data intelijen yang dia dapatkan, tak ada satu pun bukti menunjukkan adanya kebangkitan partai terlarang itu.

Dituding Berpihak, Luhut Beberkan Pengaruh China Bagi Ekonomi RI

"Ya enggak ada (kebangkitan PKI), kan kami punya mata, kuping di mana-mana," ujar Luhut di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Kamis, 2 Juni 2016.

Terkait informasi dari mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Purnawirawan TNI Mayor Jenderal Kivlan Zein, yang meyakini adanya kebangkitan itu, Luhut menegaskan belum mendapatkan informasi itu.

Kerap Disebut 'Menteri Segala Urusan', Ini Kata Luhut

"Tanya saja ke dia (Kivlan Zen), saya belum pernah dapat info soal itu," kata Luhut.

Sebelumnya, Kivlan mengatakan PKI sudah kembali bangkit. Bahkan, partai yang dilarang melalui TAP MPRS tahun 1966 itu, dikatakan Kivlan telah memiliki struktur partai dari tingkat pusat hingga daerah.

Luhut 'Pede' pada 2024 RI Punya Industri Lithium Baterai

Kivlan juga menyebutkan, sejak dua minggu lalu, mereka telah menyiapkan 15 juta orang pendukung, dan punya rencana berkantor di samping Hotel Acacia di Jalan Matraman, Jakarta.

Menurutnya, lokasi itu merupakan kantor lama PKI dan sudah ada rencana untuk merenovasi dan mengaktifkan kembali aktivitas di tempat itu. Kivlan menjelaskan, bukti kegiatan itu bisa terlihat dari maraknya brosur yang disebar serta Majalah Historia. (ase)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

RI Sambut Investasi, Luhut: Tapi Tak Ada Kompromi Soal Kedaulatan

Kita tidak akan pernah kompromi dengan siapapun dalam soal kedaulatan

img_title
VIVA.co.id
22 Juni 2020