Tebing 30 Meter Ambrol Tutup Jalur Garut Selatan

Ilustrasi/Bencana longsor
Sumber :
  • Jafkhairi

VIVA.co.id – Sebuah tebing tanah setinggi 30 meter ambrol dan menimpa badan jalan di Kampung Lewo Desa Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut Jawa Barat, Rabu 8 Juni 2016, dini hari. Kejadian ini ditenggarai oleh hujan deras yang melanda daerah itu sejak Selasa, 7 Juni 2016.

Jumlah ODP Corona di Kabupaten Garut Bertambah 4 Orang

Danramil 1123 Cisewu Kapten Inf. Supriyatna mengatakan, akibat bencana itu kendaraan dari arah Cianjur masuk Caringin menuju Bandung terhambat, begitu pun dari arah sebaliknya. Agar bisa melewati jalur yang tertutup longsor, harus menggunakan jalur lain melalui Kecamatan Mekarmukti.

"Ya, tidak ada jalan lain, kecuali melalui jalur lain akibat Jalur Selatan Garut tertimpa tanah longsor," ujarnya, Rabu 8 Juni 2016.

Anggota DPRD Garut 'Terciduk' Main Game saat Rapat Paripurna

Kondisi cuaca di Kecamatan Caringin hingga dini hari tadi, terjadi hujan lebat dan disertai petir. Sehingga, pengguna jalan diingatkan untuk berhati-hati, karena dikhawatirkan kembali terjadi longsor disepanjang jalur Garut Selatan.

"Harus hati-hati, karena kondisi jalan memang labil dan rawan longsor," ujar Supriyatna.

Jasad Terakhir Korban Air Terjun Garut ternyata Pramuwisata

Lanjut Supriyatna, alat berat yang didatangkan dari Dinas Binamarga Garut, akan segera tiba untuk menyingkirkan bongkahan tanah yang menimbun badan jalan provinsi. Upaya membersihkan material longsor sudah dilakukan, namun akibat longsoran yang besar dan cuaca gelap, serta masih turun hujan maka tidak bisa berbuat banyak. "Kami hanya bisa menunggu alat berat datang dan menunggu siang," katanya. (asp)

Cegah Corona, 500 Alat Semprot Disinfektan Elektrik Dibagikan di Garut

Kadin Garut menggandeng ormas bagikan alat semprot disinfektan.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2020