Kampung Jogokaryan Gelar Buka Puasa Gratis Selama Sebulan

Kampung Ramadhan Jogokaryan.
Sumber :
  • www.facebook.com/KampoengRamadhanJogokariyan

VIVA.co.id – Sebanyak 1.200 - 1.500 piring yang berisi nasi dan lauk-pauk disiapkan oleh takmir Masjid Jogokariyan bersama dengan ibu-ibu dasa wisma di Kampung Jogokaryan, Kota Yogyakarta, untuk menu buka puasa bersama selama berlangsungnya bulan suci Ramadan.

Resep: Takjil Mewah Ketan Sultan

"Sengaja kita siapkan dalam bentuk piring agar tidak banyak sampah. Karena jika pakai kardus atau lainnya tidak ramah lingkungan," kata Yusna, Ketua Panitia Kampoeng Ramadhan Jogokaryan sekaligus takmir Masjid Jogokaryan, Rabu, 8 Juni 2016.

Makanan untuk berbuka puasa tersebut diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun karena biaya untuk menyiapkan makan juga berasal dari sumbangan atau donatur warga.

Emak-emak Diduga Timbun Takjil, Terciduk Pakai Motor

"Setiap orang diperbolehkan makan gratis saat buka bersama di Masjid Jogokaryan," ungkap dia.

Dengan setiap hari menyediakan menu hingga ribuan piring, maka ada pembagian tugas, yaitu memasak nasi di dapur Masjid Jogokaryan dan yang memasak laut diserahkan kepada ibu-ibu dasa wisma Kampung Jogokaryan yang sudah dibagi-bagi menjadi 30 kelompok.

Zona Hijau dan Drive Thru Jadi Syarat Pasar Sore Digelar di Yogya

"Setiap hari satu kelompok membuat lauk-pauk untuk nantinya dibawa ke Masjid Jogokaryan dan disajikan dalam piring berikut nasinya," ujar Yusna.

Setiap kelompok oleh takmir Masjid Jogokaryan diberi dana Rp4 juta untuk membuat lauk-pauk. Sedangkan, dana keseluruhan yang digunakan untuk menyiapkan makanan berbuka selama bulan Ramadan sekitar Rp196 juta.

"Sampai saat ini sudah terkumpul dana dari donatur sebesar Rp110 juta dan optimis kebutuhan dana itu akan tercukupi hingga berakhirnya bulan Ramadan," papar dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya