Temui Megawati, Ketua DPR Bantah Bahas Calon Kapolri

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Ade Komarudin membantah membahas soal calon Kapolri baru untuk pengganti Jenderal Badrodin Haiti yang akan memasuki usia pensiun dengan mantan presiden Megawati Soekarnoputri.

Rencana Cakapolri Buat Pam Swakarsa Ditolak, DPR: Ganti Nama Saja

"Enggak ada kita bicara soal itu (calon Kapolri)," kata Ade di kediaman mantan Megawati, Rabu 8 Juni 2016.

Hanya saja, pria yang akrab dikenal dengan sebutan Akom ini mengaku memang akan melakukan tatap muka dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas soal calon Kapolri baru. "Ya nanti dengan Presiden, MPR, DPD begitu," katanya.

Jokowi Lantik Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri Sebelum 30 Januari

Sejauh ini, Akom mengaku masih menunggu kabar dari Jokowi terkait calon Kapolri. Sebab menurutnya, hal itu sudah menjadi bagian tugas DPR ketika Presiden kemudian sudah menentukan pilihannya untuk calon Kapolri baru. "Posisi DPR tunggu, kita belum bisa kasih komentar apa pun," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan belum ada usulan yang masuk dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk calon Kapolri. "Sampai saat ini belum diputuskan. Belum sampai di meja saya dari Kompolnas," ujar Jokowia, Selasa 7 Juni 2016.

Jalankan Visi Misi Komjen Listyo, Polda Metro Siapkan 100 E-TLE

Rencana pemilihan calon Kapolri baru ini. Beberapa waktu memang sempat menyita perhatian. Kabar menyebutkan setidaknya ada sembilan nama yang diusung untuk jadi Kapolri baru.

Beberapa nama itu yakni, Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan, Kepala Badan Narkotika Nasional Komisaris Jenderal Budi Waseso, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komisaris Jenderal Tito Karnavian.

Selanjutnya, Kepala Lemdikpol Komisaris Jenderal Syafruddin, Sestama Lemhanas Komisaris Jenderal Suhardi Alius, Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Putut Eko Bayuseno, dan Irwasum Polri Komisaris Jenderal Dwi Priyatno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya