Separuh Makam di Semarang Hilang Tergerus Air Laut

Kondisi pemakaman umum di Tambaklorok Semarang yang tergerus air laut. Setidaknya sudah separuh makam kini hilang akibat bencana air rob, Senin (13/6/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Separuh makam di kompleks pemakaman Kampung Tambaklorok, Kota Semarang, Jawa Tengah hilang tergerus air laut karena rob di daerah itu. Akibatnya, selain peziarah kesulitan masuk area pemakaman karena genangan air, rob juga mengancam keberadaan makam-makam yang ada di sana.

Kasus COVID-19 di Kota Semarang Mendadak Melonjak Lagi

"Rob yang menerjang makam di sini sudah hampir satu tahun. Sebelumnya hanya menggenang saja. Tapi sekarang sudah banyak makam yang hilang," kata warga setempat Ari Yuniar di lokasi pemakaman, Senin 13 Juni 2016.

Saat ini, akibat air rob bagian kompleks makam yang awalnya tertata apik, kini semrawut tak berbentuk. Apalagi kini bagian depan makam serta sisi kiri dan kanan yang menjadi batas telah hilang.

Jam Buka Restoran di Kota Semarang Tak Dibatasi selama PPKM Darurat

"Kuburan dekat pagar bambu itu kini telah lenyap dan terbawa air laut. Kalau mayatnya sampai ngambang saya belum pernah lihat, mungkin sudah busuk jadi langsung terbawa air," ujarnya.

Namun demikian, Ari menyebut, para peziarah yang berasal dari beberapa kampung tetap antusias melakukan ziarah di lokasi. "Yang dimakamkan di sini paling banyak dari kampung Tambaklorok dan Tambakrejo. Tapi dari wilayah lain kadang ada yang ke sini," ujarnya.

9 Pos Penyekatan Mudik Disiapkan di Pintu Masuk Kota Semarang
Vaksinasi di Kota Semarang, Jateng.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Semarang Lampaui 100 Persen

Target sasaran vaksinasi di Kota Semarang adalah 1.305.077 warga. Kasus aktif COVID-19 di Kota Semarang saat ini sudah jauh menurun.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2021