Panglima: TNI-Polri Tidak Mengenal Angkatan

Kepala BNPT Komjen (Pol) Tito Karnavian.
Sumber :
  • BNPT

VIVA.co.id –  Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo tidak mempermasalahkan ditunjuknya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komjen Tito Karnavian menjadi calon Kapolri. Meskipun Tito tergolong angkatan muda dibanding dirinya, hal itu tidak akan menghambat komunikasi di antara dua institusi itu.

Tito Karnavian Minta Anak Buah Lapor Harta ke KPK

"Hubungan TNI dan Polri itu tidak mengenal angkatan. Misalkan adek saya jadi Panglima TNI dan saya masih jadi Pangdam tidak masalah, begitu keluar keputusan Presiden, itu kita ikuti," ujar Gatot usai acara buka bersama ketua MPR di kompleks Widya Chandra, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2016.

Sebelumnya, beberapa pihak sempat mengkhawatirkan posisi Tito jika menjadi Kapolri karena masih tergolong angkatan muda. Sejumlah kalangan khawatir, Tito akan Kesulitan untuk bekerja sama atau berkomunikasi dengan institusi lain seperti TNI yang dipimpin angkatan lebih senior. Namun hal itu telah dibantah langsung oleh Panglima TNI.

Badrodin Akui Polri Tak Solid saat Awal Kepemimpinannya

"Jadi semua bintang tiga itu telah melalui seleksi alami, semua bintang tiga itu berhak diusulkan oleh Presiden melalui hak prerogatifnya," ujarnya menegaskan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Komjen Tito Karnavian, yang saat ini menjabat sebagai kepala BNPT menjadi calon tunggal Kapolri. Ketua DPR Ade Komaruddin mengungkapkan hal itu, setelah parlemen menerima surat dari Presiden.

Tito: Proses Politik Selesai, Selanjutnya Terserah Presiden

(mus)

Komjen Tito Karnavian dan Jenderal Badrodin Haiti.

Tito Karnavian Dilantik Jadi Kapolri Tanggal 12 Juli

Tito merupakan calon Kapolri tunggal yang sudah disahkan oleh DPR.

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2016