Tito: Senioritas Tak Jamin Bawahan Loyal

Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian
Sumber :
  • bnpt.go.id

VIVA.co.id – Calon Kapolri Komjen Tito Karnavian mengakui, dalam berbagai jajak pendapat, institusi Polri termasuk yang kurang dipercaya oleh publik. Karena itu, ia membutuhkan dukungan semua pihak untuk meningkatkan kepercayaan publik.

Tito Karnavian Minta Anak Buah Lapor Harta ke KPK

"Kita sama-sama dalam satu ikatan. Baik senior maupun junior. Visinya membangun itu," kata Tito sebelum rapat BNPT dengan Komisi III di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 16 Juni 2016.

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teror (BNPT) ini, tidak dalam segala hal senior harus mendapatkan tempat. Seorang senior, kata Tito, harus memiliki karakter kepemimpinan yang baik, sehingga mendapatkan loyalitas dari bawahannya.

Badrodin Akui Polri Tak Solid saat Awal Kepemimpinannya

"Tidak menjamin senioritas pasti dapat loyalitas dari bawahan. Banyak organisasi yang senior, bisa saja tidak diikuti junior, kalau (senior) tidak memberikan contoh," ujar Tito.

"Junior pun kalau memiliki keinginan, komitmen dan menunjukkan tekad yang kuat mengakomodir kepentingan, juga dapat diikuti semuanya," tambahnya.

Tito: Proses Politik Selesai, Selanjutnya Terserah Presiden

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mendengar informasi bahwa uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri akan dilakukan pada Rabu pekan depan. Ia mengaku akan menyiapkan bahan-bahan presentasi sebaik mungkin untuk itu.

"Saya persiapkan program, bukan cuma untuk setahun ke depan. Tetapi, berpikirnya lima tahun ke depan. Jadi, dengan konsep itu, siapa pun penggantinya nanti bisa ikuti pola trek yang disusun lima tahun ke depan," papar Tito. (asp)

Komjen Tito Karnavian dan Jenderal Badrodin Haiti.

Tito Karnavian Dilantik Jadi Kapolri Tanggal 12 Juli

Tito merupakan calon Kapolri tunggal yang sudah disahkan oleh DPR.

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2016