Masih Bermasalah, Terminal 3 Ultimate Batal Dibuka

Terminal Ultimate 3 Bandara Soekarno - Hatta.
Sumber :
  • Shintaloka Pradita Sicca / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan akhirnya akan menunda pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Anggaran Terbatas, Kemenhub Lepas Pengelolaan Bandara

Direktur Bandar Udara Kemenhub, Yudhi Sari Sitompul mengatakan, penundaan itu dilakukan dari hasil evaluasi, di mana sistem kelistrikan terminal itu masih bermasalah.

"Kelistrikan tidak bekerja sesuai standar, ketika dicoba dengan listrik PLN, lift, eskalator, chekin counter, X Ray, semua hidup. Kalau listrik PLN di-off-kan, otomastis saluran catur daya (genset) hanya sampai panel, tidak sampai ke peralatan itu," kata Yudhi saat jumpa pers di Kemenhub, Jakarta, Kamis malam 16 Juni 2016.

Menhub Minta Taksi Konvensional Pindah ke Online

Karena permasalahan itu, Terrminal 3 Ultimate dinilai belum memenuhi aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan. Pengoperasiannya pun akan ditunda hingga usai Lebaran.

"Akan di tunda sementara sampai aspek keselamatan dan keamanan dan pelayanan penerbangan terpenuhi," tuturnya.

Kemenhub Tawarkan Tiga Rute Pelayaran Logistik ke Swasta

Lebih lanjut, Kemenhub meminta agar AP II untuk meningkatkan standar pelayanan, sebelum mengajukan kembali izin pengoperasian. Sebelumnya, AP II berencana mengoperasikan Terminal 3 Ultimate untuk angkutan Lebaran atau pada tanggal 20 Juni 2016.

terminal 3

1 Mei 2017, Terminal 3 Bandara Soetta Layani Internasional

Rute Jakarta-Singapura menjadi penerbangan internasional perdana.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2017